Deli Serdang (ANTARA) -
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menilai pemberian bonus kepada para atlet berprestasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mendalami dan ikut mencetak prestasi di dunia olahraga.
 
"Penghargaan ini (bonus) dapat meningkatkan semangat olahraga nasional, mendorong regenerasi atlet, serta meningkatkan kebanggaan dan partisipasi masyarakat dalam dunia olahraga," kata Hetifah saat dihubungi dari Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa.
 
Pada intinya, ujar dia melanjutkan, pemberian bonus bagi atlet berprestasi dalam perhelatan olahraga, seperti PON yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara itu bernilai sangat penting untuk memotivasi mereka agar terus berusaha mencapai prestasi terbaik.
 
"Bonus juga merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah dan masyarakat atas dedikasi, kerja keras, dan perjuangan para atlet dalam mengharumkan nama daerah maupun negara," kata dia menambahkan.
   
Sejauh ini, Hetifah menyampaikan telah banyak pemerintah daerah (pemda) di Indonesia yang memberikan bonus bagi atlet-atlet dari daerahnya yang meraih medali di ajang PON ataupun kejuaraan olahraga lainnya.
 
Ia menyampaikan pula bahwa bonus tersebut diberikan dalam berbagai bentuk, mulai dari uang tunai, rumah, kendaraan, hingga fasilitas lain yang bermanfaat mendukung kesejahteraan atlet.
 
Menurutnya, kebijakan tersebut tidak hanya mendorong para atlet untuk berprestasi lebih baik, tetapi juga dapat menjadi strategi bagi daerah untuk menarik talenta-talenta olahraga berkompetisi atas nama daerah tersebut.
 
Sejauh ini, diketahui sejumlah pemerintah daerah sudah menyatakan siap memberikan bonus bagi atlet yang berprestasi di PON 2024. Di antaranya adalah Pemerintah Provinsi Lampung yang akan memberikan bonus sebesar Rp300 Juta bagi atletnya yang meraih medali emas.
 
Janji tersebut disampaikan Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin saat melepas keberangkatan kontingen Provinsi Lampung, di Mahan Agung kompleks Rumah Dinas Gubernur Lampung, Kamis (29/8).
 
Bonus juga dijanjikan kepada para atlet kontingen Sumatra Selatan. Penjabat Gubernur Sumatra Selatan Elen Setiadi menjanjikan bonus sebesar Rp500 Juta untuk para atlet Sumsel yang meraih emas.


Baca juga: Pemerintah Aceh siapkan bonus Rp300 juta untuk peraih medali emas

Baca juga: Gubernur Kalteng janjikan bonus rumah untuk atlet peraih emas PON 2024

Baca juga: Berapa bonus yang didapatkan atlet berprestasi PON 2024?
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024