Medan (ANTARA) -
Sebanyak 219 atlet dari berbagai provinsi di tanah air mulai bertanding di cabang dancesport atau olahraga dansa Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.
 
Menurut Ketua Pelaksana cabang olahraga dansa drg. Tetty menjelaskan terdapat 219 atlet tersebut yang mengikuti kejuaraan PON kali ini.
 
"Bahwa kejuaraan dansa di PON XXI diikuti oleh 219 orang atlet dari 21 provinsi dan 21 kelas pertandingan, " katanya saat menyampaikan sambutan pembukaan di Hotel Santika Dyandra Convention, Kota Medan, Selasa.
 
Tetty menjelaskan kejuaraan dancesport pada PON XXI akan berlangsung mulai hari ini atau tanggal 10 - 12 September 2024.
 
"Untuk 21 provinsi yang mengikuti kejuaraan dancesport ini diikuti oleh Bali, DIY, Kaltara, Sumsel, Sulsel, NTB, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalsel, Kalteng, Kaltim, Kepri, Jakarta, Lampung, Papua Barat, Riau, Sulut, Aceh dan Sumut, " katanya.
 
Tetty juga merinci 21 kelas pertandingan tersebut yaitu kategori putra yakni breaking boy, kategori putri yakni breaking girl, kategori campuran yakni Amateur Latin, Amateur Standard, Rising Star Latin, Rising Star Standard, Pre Amateur Latin, Pre Amateur Standard, FFA Cha Cha, FFA Rumba, FFA Samba, FFA Jive, FFA Waltz, FFA Tango, FFA Quickstep, dan FFA Slowfoxtrot
 
"Kemudian untuk kategori terbuka yaitu Syncronize Waltz Quickstep, Line Dancesport Rumba Samba, Line Dancesport Cha Cha Jive, Hiphop, dan Traditional dance, " ucapnya.
 
Sementara itu Ketua Umum Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (IODI) Heru Sutantio menjelaskan kejuaraan PON XXI sangatlah penting karena dapat membawa sang atlet mengikuti kejuaraan yang lebih tinggi.
 
"Selain itu olahraga ini memiliki daya tarik sendiri, namun saya tidak lupa untuk mengingatkan kepada semua peserta untuk tetap menjaga rasa kebersamaan, walaupun sedang bertanding, " katanya.

​​​​​​​

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024