Banda Aceh (ANTARA) - Tim basket 5x5 putra, Jawa Barat menggondol medali perunggu Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI 2024, usai mengatasi Sulawesi Utara.

Dalam pertandingan perebutan tempat ketiga yang berlangsung di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Selasa, Jawa Barat mengatasi perlawanan Sulawesi Utara usai menang dengan skor 68-56.

Richard Kornelius menjadi pendulang poin terbanyak untuk Jawa Barat usai mencatatkan total 18 poin, disusul oleh Fikran Fattah yang mencetak total 14 poin.

Memulai kuarter pertama, Jawa Barat langsung mengambil inisiatif untuk menekan sejak awal. Jawa Barat mampu mendulang poin demi poin dan unggul 13-6 pada masa interval pertama. Memasuki interval kedua, Sulut mampu mengatasi serangan Jabar dan mencetak poin berturut-turut untuk menutup kuarter pertama dengan hasil seri 23-23.

Di kuarter kedua, kedua tim saling jual beli serangan dengan memainkan permainan terbuka. Hasilnya selama masa interval pertama, Jabar hanya mampu unggul tipis atas Sulut, 29-28. Seusai interval, Jabar mampu memanfaatkan sejumlah momentum lewat lemparan bebas yang membuat selisih poin kian melebar. Richard Kornelius dan kawan-kawan akhirnya menutup kuarter kedua dengan keunggulan 36-28.

Pada kuarter ketiga, Jabar bermain lebih sabar menghadapi Sulut yang coba tampil lebih agresif. Namun memasuki interval pertama, Jabar tetap mampu mempertahankan keunggulan menjadi 47-36. Seusai masa interval, Sulut mampu memukul balik Jabar usai mendulang poin demi poin. Fernando Manangsang dan kawan-kawan membalikkan keadaan dan unggul 53-49 pada akhir masa kuarter ketiga.

Memasuki masa kuarter keempat, Jabar bermain lebih agresif dan dominan. Di masa interval pertama, Jabar sudah membalikkan kedudukan dengan skor 61-56. Unggul lima poin tak membuat Jabar menurunkan tensi permainan. Sulut dibuat tak mampu mencetak angka selama lima menit terakhir, hingga pertandingan ditutup dengan skor 68-56.

Dengan hasil ini membuat Jabar memperoleh perunggu. Sementara untuk perebutan medali emas dan perak akan dilangsungkan pertandingan final antara Jawa Timur menghadapi Jakarta yang berlangsung pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Basket - Tim putri Jateng segel perunggu usai akhiri drama atas Jabar

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024