Banda Aceh (ANTARA) - Atlet Banten Rajiah Sallsabilah mencatatkan waktu tercepat di babak perdelapan final nomor speed world record (WR) perorangan putri cabang olahraga panjat tebing Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Pada pertandingan di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Selasa, Rajiah mencatatkan waktu 6,56 detik.

Bahkan, Rajiah mengalahkan catatan waktu Desak Made Rita Kusuma Dewi dari Bali yang pernah mendampinginya berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Desak Made Rita menempati peringkat kedua dengan catatan waktu 6,69 detik, diikuti Berthdigna Dewi Surya Kusuma dari Jawa Tengah dengan waktu 6,93 detik.

Di posisi keempat, Nurul Iqamah dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan 6,992 detik, kemudian Amanda Narda Mutia dari Jawa Timur (6,997 detik) dan Eka Dian Krismawati dari Jatim (7,10 detik) di urutan kelima dan keenam.

Puja Lestari dari Riau dengan waktu 7,16 detik di urutan ketujuh, dikuntit Alivany Ver Khadijah dari Sulawesi Selatan (7,35 detik), Rahmayuna Fadillah dari DIY (7,68 detik), dan Nurma Anjani dari DIY (7,735 detik).

Peringkat ke-11 hingga 16 di babak kualifikasi ditempati secara berurutan yakni Sabrina Syarifah Calidris dari Banten (7,738 detik), Kadek Adi Asih dari Bali (7,85 detik), dan Susan Nur Hidayah dari Jateng (7,93 detik).

Kemudian, Noor Arsyada dari Kalimantan Selatan (7,94 detik), Siti Nur Nabila Huda dari Sumut (8,15 detik), dan Nagita Febriyanti dari Jawa Barat (8,25 detik).

Selanjutnya, di babak perempat final, ke-16 atlet panjat tebing yang lolos kualifikasi akan saling berhadapan dibagi dalam delapan kelompok.

Misalnya, Rajiah Sallsabilah (Banten) vs Nagita Febriyanti (Jabar), Desak Made Rita (Bali) vs Siti Nur Nabila Huda (Sumut), dan Puja Lestari (Riau) vs Nurma Anjani (DIY).

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan empat di antaranya sudah final, yakni combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, serta speed relay putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - Desak Rita tembus babak final PON XXI


Baca juga: Panjat tebing - Veddriq lolos ke perempat final nomor speed perorangan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024