Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Petugas keamanan (satpam) hingga aparat kepolisian siaga mengamankan lokasi pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh 2024 untuk menyukseskan pelaksanaan perhelatan tersebut.

salah satunya Kolam Renang Selayang di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Pembantu Unit (Panit) 2 Lalu Lintas Polsek Sunggal Kota Medan Ipda Misrianto menyampaikan situasi di sekitaran Kolam Renang Selayang saat berlangsungnya pertandingan cabang olahraga renang dalam kondisi aman dan kondusif.

“Menjaga keamanan lokasi pertandingan merupakan bagian tugas yang harus dilaksanakan dalam rangka menyukseskan PON XXI yang sedang berlangsung saat ini,” kata Misrianto di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Maka dari itu, ia menuturkan personel Polsek Sunggal dibantu Polresta Medan dan personel Samapta Polda Sumut terus bersiaga mengamankan lokasi kolam renang dan sekitarnya.

Hal senada disampaikan oleh Satpam Komplek Kolam Renang Selayang Ismanto, yang turut bersiaga mengamankan lingkungan komplek dan area pelataran perparkiran.

Ismanto, yang sehari-harinya bertugas menjaga gedung Kolam Renang Selayang tersebut, turut bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban kendaraan pengunjung.

Baginya, keamanan dan kenyamanan para atlet, serta ofisial yang akan bertanding merupakan hal yang utama.

"Sejak ada kegiatan perhelatan PON XXI, saya turut membantu tugas aparat keamanan dari Polri,” ungkap Ismanto.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September 2024, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus 2024. Sebanyak 65 cabang olahraga dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) di Stadion Utama Sport Center Sumut.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13 ribu atlet dan 6 ribu lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

Baca juga: Polri jamin keamanan pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumut

Baca juga: Aceh siagakan 8.500 petugas keamanan selama PON XXI

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024