Kabupaten Deli Serdang (ANTARA) -
Tim boling Jawa Timur (Jatim) memimpin hasil babak penyisihan nomor ganda putri, sehingga otomatis masuk semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang diselenggarakan di GOR Bowling Hj Rayati Syafrin, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa.
 
Ganda Jatim yang diperkuat Sharon Limansantoso dan Tannya Roumimper, berhasil membukukan total 2.553 poin dari enam gim yang dilakoni masing-masing oleh keduanya.
 
Berada di peringkat kedua, pasangan tuan rumah, yakni Nadia Pramanik Nuramalina dan Aldila Indryati, mencatatkan total 2.407 poin untuk bersaing dengan pasangan Jatim.
 
Kemudian, menguntit di urutan ketiga, Kalimantan Timur yang diperkuat Liza Permatasari dan Yuliana yang menorehkan 2.235 poin.

Baca juga: Boling - Jatim raih emas pertama cabang olahraga boling
 
Sementara, posisi terakhir untuk menembus babak semifinal, diisi oleh Sri Zuniarty dan Zulfidarni asal Aceh, yang meraih 2.164 poin.
 
Sharon dan Tannya tampil perkasa, karena membukukan masing-masing lemparan dengan rata-rata lebih dari 200 poin per gim.
 
Tannya yang merupakan peraih emas SEA Games 2007, hanya sedikit selip di gim satu dan lima, sehingga poinnya tidak sampai 200.
 
Sedangkan Nadia yang sehari sebelumnya meraih perak nomor tunggal putri, tampil kurang konsisten sehingga tiga gim menorehkan poin jauh dari angka 200. Tim Sumut terselamatkan untuk lolos ke empat besar, berkat lemparan Aldila di gim kelima dan keenam, dengan masing-masing 222 dan 255 poin.

Baca juga: Boling - Nadia lebih tenang dibanding event lain, cuma belum beruntung
 
Untuk babak penyisihan nomor ganda putri, delapan provinsi mengirimkan pasangan terbaiknya untuk berebut emas dan menambah pundi-pundi medali bagi kontingen.
 
Provinsi yang ikut penyisihan ganda putri adalah Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.
 
Semifinal ganda putri diselenggarakan pada Rabu (11/9) di tempat yang sama, yakni GOR Bowling Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
 
Berikut hasil penyisihan cabang olahraga boling nomor ganda putri pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024:
 
1. Jawa Timur - Sharon Limansantoso/Tannya Roumimper (2.553 poin).
 
2. Sumatera Utara - Nadia Pramanik Nuramalina/Aldila Indryati (2.407 poin).
 
3. Kalimantan Timur - Liza Permatasari/Yuliana (2.235 poin).
 
4. Aceh - Sri Zuniarty/Zulfidarni (2.164 poin).
 
5. Jawa Barat - Thalita Raisa Adilina/Shabira Lintya Putri (2.155 poin).
 
6. DKI Jakarta - Priyandhini/Listea Almira (2.060 poin).
 
7. Sumatera Barat - Yetriwati/Ivo Silvana (1.996 poin).
 
8. Sumatera Selatan - Adella Resya Islami/Pacer (931 poin).

Baca juga: Boling - Ada cinta di antara Sumut dan Jatim

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024