Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) menyediakan 1.307 unit kendaraan bagi seluruh kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Dalam konferensi pers di Medan, Sumatera Utara, Selasa, Kepala Dishub Sumut Agustinus Panjaitan menyebutkan berbagai kendaraan tersebut antara lain meliputi sedan, minibus, bus sedang, bus besar, truk, dan mobil boks.

"Pelayanan diberikan sejak kedatangan peserta di bandara, pelabuhan, dan terminal hingga kepulangan peserta ke daerah masing-masing," ujar Agustinus.

Dia menilai ketersediaan sarana angkutan pada penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 pada 8-20 September sangat penting untuk menjamin kelancaran mobilitas semua pihak terkait, terutama atlet dan ofisial.

Khusus penyelenggaraan wilayah Sumut, Dishub berkomitmen memberikan pelayanan terbaik demi suksesnya perhelatan nasional tersebut.

Guna mendukung layanan kendaraan itu, Dishub Sumut pun mengerahkan sekitar 220 personel yang tersebar di tempat para peserta menginap hingga berbagai tempat pertandingan pada 10 kabupaten/kota di Sumut.

Selain itu, ia menuturkan pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas guna menjamin kelancaran mobilitas peserta PON 2024. Rekayasa lalu lintas dilakukan bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sumut yang memiliki kewenangan dalam urusan lalu lintas.

"Kami juga menyediakan berbagai perlengkapan pendukung seperti perlengkapan rambu-rambu lalu lintas,” tuturnya.

Kendati demikian, dirinya tak menampik bahwa penyediaan fasilitas kendaraan selama PON 2024 terkadang mengalami kendala dana kekurangan dalam melayani peserta. Untuk itu, ia meminta maaf dan menjadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi, serta mengupayakan penanganan yang lebih baik lagi bagi para tamu masyarakat Sumut.

Agustinus menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat rencana untuk mengantisipasi dan meminimalkan segala gangguan mobilitas peserta jauh hari sebelum perhelatan berlangsung.

“Dinamika di lapangan kadang meleset dari rencana semula, semisal permintaan pelayanan dadakan dan sejumlah alasan lain, yang mengakibatkan keterlambatan pengangkutan atlet dan ofisial. Ini menjadi bahan evaluasi kami setiap hari untuk kami perbaiki,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Humas dan Komunikasi Panitia Pengawas dan Pengarah PON XXI wilayah Sumut Raja Parlindungan Pane memuji upaya Dishub Sumut dalam memberikan pelayanan pada PON 2024.

Ia berpendapat pengaturan transportasi peserta PON XXI mulai kedatangan hingga pertandingan saat ini secara umum sudah bagus dan melihat dinamika yang terjadi di lapangan sejauh ini masih wajar.

"Saya harap pelayanan yang sudah bagus ini dapat ditingkatkan lagi, terutama sebagai bahan pembelajaran untuk mengantisipasi penyelenggaraan kegiatan yang lebih besar di Sumut ke depan," ucap Raja.

Baca juga: Jawa Timur kumpulkan tiga emas dari sembilan laga final muaythai

Baca juga: Hoki indoor putra Jatim raih perunggu usai kalahkan Papua 6-5
Baca juga: Boling - Jawa Timur pimpin hasil penyisihan ganda putri

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024