Banda Aceh (ANTARA) - Jakarta mengawinkan medali emas basket 5x5 Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 setelah tim putra provinsi tersebut memastikan kemenangan di babak final dan meraih emas untuk menyusul kesuksesan yang terlebih dulu diraih tim putri.

Di babak final yang berlangsung di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Selasa, Jakarta mengatasi perlawanan Jawa Timur dengan skor 62-57.

Kemenangan ini juga membuat Jakarta kembali mempertahankan perolehan medali emas yang sebelumnya diraih di PON Papua.

Memulai kuarter pertama, kedua tim bermain begitu rapat dan masih belum menemukan skema untuk membongkar celah pertahanan lawan. Jakarta unggul tiga poin pada interval pertama dengan skor 6-3. Permainan intensitas tinggi ditunjukkan kedua tim, namun Jakarta mampu mempertahankan keunggulan 16-14.

Di kuarter kedua, Jakarta bermain lebih dominan dan mampu mengonversi serangan menjadi poin. Hendrick Xavi Yonga dan kawan-kawan menutup kuarter kedua dengan keunggulan 12 poin, 34-26.

Usai jeda, Jawa Timur tak mampu menemukan skema serangan yang bisa membongkar pertahanan Jakarta. Daniel Salamena dan kawan-kawan harus menutup kuarter ketiga dengan ketinggalan tujuh poin, 41-49.

Baca juga: Basket 5x5 putri Jakarta segel medali emas usai bungkam Jatim

Di masa kuarter keempat, Jatim mampu mencatatkan poin demi poin melalui tembakan dua angka. Memasuki interval, Jatim memperkecil kedudukan hingga selisih tiga poin menjadi 47-50.

Bermain dalam tekanan, Jakarta kerap membuat kesalahan dengan memberikan tembakan bebas tapi Jatim kerap tak mampu memaksimalkan peluang tersebut untuk mengubah kedudukan.

Tembakan tiga angka Hendrick Xavi Yonga di penghujung kuarter terakhir membuat Jakarta kian nyaman dengan keunggulan dan mampu menutup permainan dengan skor 62-57.


Hasil ini membuat Jakarta memborong dua medali emas basket 5x5. Sementara Jawa Timur harus puas membawa pulang dua medali perak. Sedangkan medali perunggu nomor putri diraih oleh Jawa Tengah dan medali perunggu putra diboyong oleh Jawa Barat.

Baca juga: Pelatih Jakarta harap para pemainnya dipanggil timnas basket Indonesia
Baca juga: Basket - Tim putra Jabar gondol perunggu usai atasi Sulut

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024