Jakarta (ANTARA News) - Tottenham Hotspur yang tengah mengamankan jatah Liga Europa dari kejaran Manchester United tersungkur 0-2 di tangan tuan rumah West Ham United setelah sejak menit 25 babak pertama harus bermain dengan sepuluh orang.

Spurs yang tetap berada di peringkat enam dengan 66 poin atau enam poin lebih banyak dibandingkan dengan MU yang menyimpan satu pertandingan lebih banyak, harus kehilangan Younes Kaboul yang sengaja menjatuhkan Stewart Downing di luar kotak penalti Spurs.

Menyusul kartu merah Kaboul ini pendulum segera bergerak ke West Ham yang terus melakukan tekanan gencar ke gawang Spurs, terutama oleh serangkaian aksi Andy Carroll.

Setelah dua kali kehilangan kesempatan mendapatkan hadiah tendangan penalti akibat hand ball pemain Spurs, West Ham akhirnya menciptakan gol pada menit 27 ketika sundulan Andy Carroll di daerah penalti Spurs membentur kepala pemain Tottenham Harry Kane untuk masuk ke gawang sendiri.  1-0 untuk Spurs.

Beberapa menit kemudian Kane digantikan oleh Vlad Chiriches untuk mereorganisasi pertahanan Spurs. Namun serangan West Ham kian membahana sampai-sampai kiper Hugo Lloris kerap berjibaku menyelamatkan gawang Spurs diantaranya ketika dia menepis upaya bersih pemain West Ham Matt Taylor.

Tapi satu menit menjelang babak pertama usai, pada menit 44, Lloris tak berhasil menahan tembakan Stewart Downing yang menerima bola dari tendangan bebas yang dilepaskan Andy Carroll.

Ini adalah gol pertama Downing untuk West Ham dan kedudukan pun berubah 2-0 untuk Hammers, sampai babak pertama berakhir.

Kendati bermain dengan sepuluh orang, pada babak pertama, Spurs menguasai distribusi bola dengan prosentase 52 persen, namun ditekan bertubi-tubi dengan 12 kali pelung yang diciptakan West Ham ketimbang enam yang dibuat Spurs.

Pada babak kedua, West Ham tak mengendurkan tekanan dengan berulang kali menciptakan peluang menambah gol, namun kecemerlangan Hugo Lloris mencegah gawang Spurs kebobolan di babak ini.

Lloris menihilkan peluang gol yang diciptakan sejumlah pemain Hammers diantaranya dari tendangan akrobatik Mo Diame, lalu Kevin Nolan yang sudah berhadap-hadapan dengan Lloris usai menerima umpan hasil tusukan Andy Carroll, dan satu sundulan dari Andy Carroll sendiri.

Spurs sendiri memberikan perlawanan dengan menciptakan beberapa peluang yang umumnya diaransemen Christian Eriksen, antara lain dua tembakan Roberto Soldado yang memanfaatkan umpan Eriksen namun gagal menembus gawang West Ham, dan satu tembakan Aaron Lennon yang meneruskan umpan Eriksen yang melenceng ke kiri gawang West Ham.

Sampai babak kedua usai, kedudukan 2-0 tidak berubah dan West Ham pun mendapatkan tiga poin tambahan untuk meloncati Hull dan Swansea di peringkat 12, demikian BBC.com.

Susunan pemain:
West Ham United
: Adrián, Winston Reid, George McCartney, James Tomkins, Guy Demel, Kevin Nolan (Matthew Jarvis), Matthew Taylor, Mark Noble, Mohamed Diame, Stewart Downing, Andrew Carroll (Carlton Cole)
 
Tottenham Hotspur: Hugo Lloris, Danny Rose, Younes Kaboul, Kyle Naughton, Michael Dawson, Aaron Lennon, Paulinho (Sandro), Gylfi Sigurdsson (Roberto Soldado), Christian Eriksen, Emmanuel Adebayor, Harry Kane (Vlad Chiriches)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014