Deli Serdang (ANTARA) -
Empat provinsi, yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Yogyakarta dinyatakan lolos ke tahap final pertandingan drum band nomor pertandingan lomba baris berbaris (LBB) dan lomba unjuk gelar (LUG) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Cabang Olahraga (rum Band Nirwana Agus Saputradi di Deli Serdang, Rabu, menyampaikan keempat provinsi tersebut akan kembali bertanding di GOR Futsal Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu), Deli Serdang, Rabu.

"LBB akan digelar pada pukul 14.00 WIB, sedangkan LUG akan digelar pada pukul 16.00 WIB," ucap dia.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi pertandingan, sejumlah atlet telah bersiap di sekitar halaman GOR dengan menggunakan seragam senada yang didominasi warna biru tua dan biru muda. Sejumlah penonton pun mulai berdatangan dan memenuhi kursi di tribun.

Sebelumnya, telah dilaksanakan enam nomor pertandingan dalam cabang olahraga drum band PON 2024. Enam nomor pertandingan itu adalah, lomba berbaris jarak pendek (LBJP) 400 meter putri, 400 meter putra, 800 meter campuran, 600 meter putri, 800 meter putra, dan 600 meter campuran.

Baca juga: Drum band - Sumatera Utara sapu bersih tiga medali emas pada LBJP

Terdapat total delapan provinsi yang menjadi peserta, yakni DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta.

Enam nomor pertandingan itu digelar di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Sabtu (7/9) hingga Minggu (8/9).

Sejauh ini, kemenangan didominasi oleh Provinsi Sumatera Utara yang berhasil meraih medali emas di empat nomor pertandingan, yaitu lomba berbaris jarak pendek (LBJP) 400 meter putri, 600 meter putri, 800 meter putra, dan 600 meter campuran.

Selama pertandingan, Nirwana menyampaikan para juri memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam penjurian untuk menghasilkan penilaian yang lebih cepat.

"Alhamdulillah semua dewan juri telah melaksanakan penggunaan IT dengan baik. Artinya, semua dewan juri tidak lagi menggunakan manual. Jadi artinya, mempercepat proses (penilaian), di dalam penggunaan data sehingga bisa menentukan pemenang-pemenangnya," kata dia.

Baca juga: Drum band - Jakarta siapkan penampilan istimewa demiemas LKBB

Baca juga: Ketua Harian PB PON: Drum band berpotensi majukan wisata olahraga

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024