Jakarta (ANTARA News) - Pencarian pesawat hilang Malaysia Airlines MH370 akan memasuki fase baru dengan fokus mengintensifkan pencarian bawah laut di sebuah area lebih luas dari yang sekarang, kata Deputi Perdana Menteri Australia Warren Truss seperti dilaporkan NBC News.

Fase baru ini akan melakukan pemetaan oseonografis yang lebih rinci mengenai area-area yang belum dipetakan sebelumnya, kata Truss dalam briefing dengan para pejabat Malaysia dan Tiongkok.

Pencarian model ini akan membutuhkan perangkat lebih canggih yang kemungkinan berasal dari pihak swasta yang bisa beroperasi di samudera lebih dalam dibandingkan kapal selam tak berawak Bluefin-21.

Selama ini Bluefin-21 menjadi satu-satunya wahana yang tersedia untuk menyurvei dasar selatan Samudera Hindia guna mencari bangkai MH370.

Setelah alat pelacak kotak hitam pesawat terbang berhasil menangkap sinyal ping dari kotak hitam sebuah pesawat terbang, Bluefin-21 diturunkan untuk menindaklanjuti temuan sinyal itu, namun hingga kini Bluefin-21 gagal menemukan bangkai pesawat hilang tersebut, demikian NBC News.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014