Medan (ANTARA) - Pasangan pebiliar Maralando Sihomibung/Jaka Kurniawan Ginting kembali menambah pundi medali emas untuk Sumatera Utara setelah mengalahkan tim Aceh dalam laga final english billiard 250 point double cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 di Pardede Hall, Kamis.

Marlando/Jaka memenangkan laga pamungkas satu set atas wakil Aceh Ronni Satria/Andy Heryanto dengan per selisih poin yang signifikan 250-95.

"Puji syukur kepada Tuhan kami bisa meraih medali emas yang kedua untuk Sumatera Utara," ujar Marlando kepada ANTARA setelah pertandingan.

Ia mengatakan, secara latar belakang prestasi, timnya memang lebih unggul dari Aceh, namun Marlando/Jaka tidak mau meremehkan permainan lawan.

Kedua jagoan biliar tim tuan rumah itu tetap bermain fokus sejak awal laga dan mencoba memanfaatkan setiap peluang untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

"Kami tetap tidak pandang enteng lawan sehingga kami bisa meninggalkan lawan dengan selisih poin yang cukup banyak," pungkasnya.

Marlando mengaku sangat senang dengan pencapaian tim sejauh ini karena sudah menorehkan dua emas untuk Sumatera Utara.

Medali emas dari nomor english billiar itu, kata dia, baru diraih kembali sejak PON Jawa Barat 2026.

Ia pun mempersembahkan medali itu untuk isteri, anak, serta sanak keluarga yang terus mendukungnya termasuk dari Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumatera Utara.

Dengan hasil tersebut, Marlando/Jaka menambah perolehan emas dari cabang biliar untuk Sumatera Utara menjadi dua emas. Satu emas sebelumnya diraih saat mengalahkan pasangan wakil Jakarta Jahja Johanes Halim/Toni Setiadi pada laga nomor english billiar frame double.

Pada PON Aceh-Sumut 2024, cabang biliar mempertandingkan lima kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker yang diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri dari 32 provinsi di tanah air.


Baca juga: Dua tim tuan rumah PON berebut emas biliar nomor english billiard
Baca juga: Biliar - Bali buka peluang tambah emas usai singkirkan Sumut
Baca juga: Dua tim Jawa Barat melaju ke semifinal biliar PON Aceh-Sumut

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024