Takengon (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), Triwatty Marciano sebut Arena Pacuan Kuda Takengon dapat rampung Oktober 2024.

Pada hari kedua, Kamis, cabang berkuda nomor pacuan kuda Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 terdapat sejumlah alat proyek yang berada di sekitar arena. Selain itu Arena Pacuan Kuda Takengon belum terpasang atap.

"Kalau dikatakan berapa persen mungkin saya tidak bisa menilainya, tetapi walaupun dalam situasi yang masih belum yang sempurna, yang dimana nanti insya Allah akan dilanjutkan dan diselesaikan nanti sampai akhir Oktober ini. Saya sangat optimistis bahwa arena ini akan diselesaikan sesuai dengan apa yang kita harapkan semua," kata Triwatty Marciano kepada pewarta.

Arena Pacuan Kuda Takengon memiliki kapasitas 6.500 penonton, tetapi ketika pacuan kuda PON XXI mulai dilaksanakan sejak Rabu (11/9),  masih berlangsung proyek pemasangan atap tribun penonton.

Kondisi itu membuat panitia mengarahkan penonton untuk menempati dua tribun bagian bawah, yang bisa menampung sekira 4.000-an orang, sembari menutup akses ke tribun lantai tiga.

Sejatinya panitia telah melarang para penonton memasuki area tribun lantai tiga, tapi larangan tersebut tak diindahkan beberapa penonton yang tetap nekat masuk dan menempati tribun lantai tiga hingga membludak.

Bahkan, beberapa penonton juga terlihat merambat dari tangga pekerja, yang sedianya digunakan pekerja untuk penyelesaian proyek pemasangan atap tribun penonton, demi mencapai tribun lantai tiga dan bisa menyaksikan langsung perlombaan pacuan kuda PON XXI. Selain itu para penonton juga memasuki lintasan ambulan dan juga menaiki pagar lintasan pacuan.

Ditanya mengenai antusiasme penonton yang membludak, Triwatty Marciano mengungkapkan bahwa memang masyarakat Takengon begitu antusias saat melihat balapan kuda oleh sebab itu sejak awal pembangunan area pacuan kuda dipilih di Takengon.

"Memang ini sesuai dengan ekspektasi kita dari awal ya bahwa kenapa dari pengurus pusat pordasi itu memilih Takengon sebagai lokasi untuk venue pacu kuda pada saat PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini. Karena memang selain di sini adalah pacu itu sudah menjadi membudaya, venuenya pun memadai. Jadi mudah-mudahan ini akan menjadi track pacu yang terbaik di Indonesia," kata Triwatty.


Baca juga: TD Pacuan Kuda : Penonton sangat ramai di luar ekspektasi

Baca juga: Tribun penonton Arena Pacuan Kuda Takengon membludak lewati batas aman

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024