Medan (ANTARA) - Persaingan cabang olahraga akuatik disiplin renang indah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara resmi berakhir di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Selama tiga hari perlombaan, para atlet yang tampil telah memberikan warna dengan aksi-aksi memukau dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

DKI Jakarta menutup persaingan dengan mengantongi dua emas dan satu perunggu. Emas masing-masing diraih pada nomor solo dan duet.

Pada nomor solo yang bergulir pada Selasa (10/9), DKI meraih podium tertinggi melalui Hilda Tri Julyandra yang mendapat nilai tertinggi dari dua kali aksinya, solo free routine dan technical routine yakni 136,20.

Kemenangan ini menjadi spesial karena bagi Hilda ini merupakan kali pertama turun di nomor solo. Sementara Mutiara Nur Azisah dari Sulawesi Selatan membawa pulang perak setelah mendapat nilai 13,09. Perunggu menjadi milik Maharani Sekar asal Jawa Barat dengan 128,21.

Sehari setelahnya, DKI meraih kesuksesan serupa di nomor duet melalui Gabrielle Permata dan Hilda Tri Julyandra yang mendapat nilai tertinggi 138,60. Perak menjadi milik Sulawesi Selatan yang menurunkan Amanda Mutiara dan Mutiara Nur Azizah.

Pada hari ini, kejayaan menjadi milik Sulawesi Selatan di nomor beregu. Menurunkan delapan atlet terbaiknya dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut, Sulsel mendapat nilai tertinggi 70,16.

Sulawesi Selatan mengalahkan DKI Jakarta yang harus puas dengan perak usai mendapatkan nilai 69,16.

Berikut daftar peraih medali renang artistik pada PON 2024:

  • Solo
Emas - Hilda Tri Julyandra (DKI Jakarta)

Perak - Mutiara Nur Azisah (Sulawesi Selatan)

Perunggu - Maharani Sekar (Jawa Barat)

  • Duet
Emas - Gabrielle Permata dan Hilda Tri Julyandra (DKI Jakarta)

Perak - Amanda Mutiara dan Mutiara Nur Azizah (Sulawesi Selatan)

Perunggu - tidak diperebutkan karena diikuti empat peserta

  • Beregu
Emas - Sulawesi Selatan

(Amanda Mutiara, Auliya Mustika Putri, Khanza Fathiyyah, Mutiara Nur Azisah, Nawrah Qanita, Nurfa Nurul, Rani Asriani Rahman, dan Rasya Annisa Rahman)

Perak - DKI Jakarta

Chelsea Princessa, Danita Elfarianti, Gabrielle Permata, Hilda Tri Julyandra, Maya Anggun Beer, Nadia Tasya Hapsari, Nayla Adiva Nurrisqa, dan Thalita Amabele.

Perunggu - tidak diperebutkan karena diikuti empat peserta

Baca juga: Renang artistik - Sulawesi Selatan raih emas nomor beregu PON 2024

Baca juga: Renang indah - Naruto antarkan Gabrielle dan Hilda raih emas PON 2024


Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024