"Saya terharu akhirnya emas pertama arung jeram bisa diraih oleh Aceh. Bangga, karena kami sebagai tuan rumah turut ikut menyumbangkan medali emas,"
Banda Aceh (ANTARA) - Dua provinsi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 berbagi dua medali emas pertama dari cabang olahraga arung jeram nomor down river race (DRR) kategori R6 selepas perlombaan di Sungai Alas Ketambe, Aceh Tenggara, Kamis.

Aceh memperoleh medali emas arung jeram DRR R6 putra, sementara Sumatera Utara menyabet emas sektor putri, demikian seturut hasil perlombaan yang diterima di Banda Aceh, Kamis malam.

Dalam perlombaan arung jeram DRR R6 putra, Aceh yang mengawali balapan dari posisi start kedua mampu melahap jarak sekira 40 kilometer dengan catatan waktu tercepat 20 menit 45,05 detik.

Aceh mengantongi emas arung jeram DRR R6 putra setelah finis 13,92 detik lebih cepat dibandingkan Sumatera Utara yang harus puas dengan medali perak.

Sementara medali perunggu menjadi miliki Kalimantan Selatan yang menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 21 menit 12,10 detik.

Sedangkan Sumatera Barat, yang start di posisi pertama, justru harus berakhir tanpa medali di nomor DRR R6 putra karena finis di peringkat keempat dengan catatan waktu 21 menit 38,60 detik.

Di nomor DRR R6 putri, Sumatera Utara jadi yang terbaik dan meraih medali emas setelah finis dengan catatan waktu 22 menit 17,74 detik.

Medali perak menjadi milik Aceh yang membukukan waktu 22 menit 35,02 detik, sedangkan perunggu diperoleh oleh Kalimantan Timur dengan catatan waktu 22 menit 51,95 detik.

Kemenangan Aceh dalam arung jeram nomor DRR R6 putra PON XXI disaksikan langsung oleh Pj Bupati Aceh Tenggara Syakir, yang bangga atas keberhasilan tuan rumah meraih medali emas dalam cabang olahraga yang diperlombakan perdana dalam PON tersebut.

"Saya terharu akhirnya emas pertama arung jeram bisa diraih oleh Aceh. Bangga, karena kami sebagai tuan rumah turut ikut menyumbangkan medali emas," kata Syakir.

Cabang olahraga arung jeram memperebutkan 16 medali emas dalam PON XXI. Selanjutnya para atlet akan bersaing di nomor DRR R4, sprint R4, head to head (H2H) R4, slalom R4, sprint R6, H2H R4, dan slalom R4 yang dilombakan dalam sektor putra dan putri.

Sesuai aturan yang disepakati pada Rakernas 2022, tiap provinsi hanya diizinkan mengikuti dua nomor di tiap kategori dan tidak boleh memilih nomor yang sama di kategori berbeda. Misalnya, apabila di kategori R4 memilih ambil bagian dalam nomor sprint dan head to head (H2H), maka di kategori R6 harus turun di nomor slalom dan DRR.

Pada Jumat ini, cabor arung jeram nomor DRR kategori R4 putra dan putri akan diperlombakan. Setelah rangkaian perlombaan nomor DRR selesai, giliran nomor head to head kategori R4 putra dan putri yang akan berlangsung pada Sabtu (14/9).

Kemudian pada Minggu (15/9), nomor head to head kategori R6 putra dan putri akan menutup perlombaan yang berlangsung di Sungai Alas. Penyerahan medali akan langsung dilakukan pada sore harinya.

Pertandingan arung jeram di venue Sungai Mamas berlanjut pada Selasa (17/9) dengan nomor sprint dan slalom yang akan diperlombakan hingga Kamis (19/9) sore yang akan diakhiri dengan upacara penghargaan pemenang untuk nomor tersebut.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024