Banda Aceh (ANTARA) - Terik panas matahari yang menghujani Arena Pacuan Kuda Takengon tak cukup mengendurkan antusiasme masyarakat untuk datang berbondong-bondong menyaksikan perlombaan cabang olahraga pacuan kuda Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Spanduk-spanduk yang dipasang menjadi garis pembatas dadakan demi menghalangi akses ke tribun penonton lantai tiga juga berakhir gagal memenuhi fungsinya, sebab masyarakat tetap naik ke lokasi yang belum rampung pengerjaannya itu demi sedikit tempat yang "nyaman" untuk melihat langsung para joki memacu kuda mereka di lintasan.

Pada hari kedua perlombaan pacuan kuda PON XXI, Kamis (12/9), arena yang juga bernama Arena HM Hasan Gayo di Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, membuktikan bahwa kombinasi pacuan kuda dan pesta multicabang terbesar nasional menjadi resep manjur untuk menciptakan magnet dan daya tarik bagi masyarakat Takengon.

Notabene masyarakat Takengon memang mayoritas penggemar pacuan kuda, tetapi mereka tak begitu awas bahwa terdapat ancaman bahaya yang membayangi mereka saat menyaksikan adu ketangkasan para joki memacu kuda di PON Aceh-Sumut 2024 ini.
Sejumlah penonton nekat menaiki tangga pekerja untuk menonton langsung cabang pacuan kuda Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Arena Pacuan Kuda, Takengon, Aceh Besar, Kamis (12/09/2024). ANTARA/Fajar Satriyo/am.
Memacu nyali

Di Arena Pacuan Kuda Takengon, bukan hanya joki dan kudanya yang berpacu untuk menjadi yang tercepat di atas lintasan, tetapi juga para penonton berpacu dengan keadaan demi bisa menjadi bagian pesta olahraga PON XXI.

Tribun penonton arena tersebut terdiri dari tiga lantai dengan kapasitas 6.500 penonton, tetapi saat PON XXI digelar belum bisa digunakan dengan kapasitas 100 persen. Pasalnya, masih ada proyek pemasangan atap tribun penonton, sehingga hanya lantai satu dan dua yang boleh digunakan masyarakat.

Bayang-bayang bahaya tak dapat dilepaskan dari tribun penonton Arena Pacuan Kuda Takengon yang tak kunjung selesai dibangun, meninggalkan masyarakat dengan pilihan memacu adrenalin atau tak bisa menonton perlombaan pacuan kuda PON XXI.

Tribun yang dapat menampung kapasitas penonton sebesar 6.500 tersebut masih belum di pasang atap sepenuhnya dan masih dalam tahap pengerjaan. Kondisi tribun yang mempunyai tiga lantai tersebut juga masih seadanya tanpa ada penghalang saat menaiki tangga.

"Penonton memang yang menonton ramai. Sedangkan tribun belum selesai, tingkat di tribun tiga masih belum ada pagar jadi bisa membahayakan," kata Romi (32 tahun) yang merupakan salah satu penonton.

Sebenarnya kondisi yang masih belum selesai dipasang atap tribun membuat panitia mengarahkan para penonton untuk menempati dua tribun bagian bawah dan menutup akses menuju tribun lantai tiga.

Kendati sudah terdapat larangan, tampak ratusan penonton memaksa masuk menuju tribun di lantai tiga dengan menerobos spanduk pembatas demi menggunakan tangga dan naik menuju tribun.

"Sebenarnya bagus karena PON ini ajang yang bagus tapi bangunannya belum siap 100 persen takutnya jatuh. Pas naik di lantai dua ke lantai tiga masih di tahap pengerjaan takut terkena material bangunan, cuma tidak ada panitia yang melarang," ujar Romi.

Kondisi cuaca terik sepanjang pertandingan juga membuat beberapa penonton terlihat merambat dari tangga pekerja, yang disediakan pekerja untuk penyelesaian proyek pemasangan atap tribun penonton, demi berlindung dari guyuran terik matahari dan bisa menyaksikan langsung perlombaan di atas tribun.

Technical Delegate cabang berkuda nomor pacuan kuda, Fauzan Haviz mengaku bahwa membludaknya jumlah penonton yang hadir langsung di luar panitia.

Fauzan mengatakan sedikitnya 300 personel pengamanan, yang terdiri dari gabungan petugas, Polisi, Tentara dan Satpol PP, bertugas untuk mengamankan pertandingan PON Aceh-Sumut 2024 di Arena Pacuan Kuda Takengon.

"Kita melihat memang penonton sangat ramai, ini memang ya di luar ekspektasi kita semua seramai ini. Jadi memang ke depan kalau ada pacuan di sini memang pengamanan akan lebih banyak orang dilakukan," kata Technical Delegate, Fauzan Haviz.

Baca juga: Tribun penonton Arena Pacuan Kuda Takengon membludak lewati batas aman
Baca juga: TD Pacuan Kuda : Penonton sangat ramai di luar ekspektasi

Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024