Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Kontingen wushu Jawa Timur sukses mengawinkan medali emas nomor taolu wing chun wooden dummy + wing chun butterfly sword putra dan putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Pada pertandingan yang digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat, atlet Jawa Timur Michael Arroll Nestor Jennings dan Jessie Djalimin tampil percaya diri dengan meraih nilai tertinggi untuk disiplin olahraga yang baru pertama kali dipertandingkan di pesta olahraga nasional empat tahunan itu.

Di nomor kombinasi tersebut, Arroll mencatatkan nilai 9.280 untuk wing chun wooden dummy dan 9.230 untuk wing chun butterfly sword. Total nilai akhir yang dia peroleh adalah 18.510, tertinggi di antara atlet lainnya.

Arroll tampil impresif dengan gerakan-gerakan cepat dan penuh kekuatan saat "melawan" boneka kayu di nomor wooden dummy. Sementara di nomor golok kembar, atlet 19 tahun itu tampil memukau dengan jurus-jurus putaran golok yang menghentak dan mantap.

Medali perak diraih oleh Rio Noviansyach Sutomo dari Jawa Tengah dengan total nilai 18.416. Dia memperoleh nilai 9.210 untuk wing chun wooden dummy dan 9.206 untuk wing chun butterfly sword.

Adapun medali perunggu jatuh kepada Carlson Sasmita dari DKI Jakarta dengan total nilai 18.396, terdiri dari 9.216 untuk wing chun wooden dummy dan 9.183 untuk wing chun butterfly sword.

Sementara itu, Jessi mengunci medali emas nomor taolu wing chun wooden dummy dan wing chun butterfly sword putri setelah mengoleksi nilai total 18.469. Gadis 17 tahun itu mencatatkan nilai 9.246 untuk wing chun wooden dummy dan 9.223 untuk wing chun butterfly sword.

Baca juga: Wushu perebutkan enam medali emas di hari kedua

Jessi juga tampil meyakinkan saat "menaklukkan" boneka kayu di nomor wing chun wooden dummy. Kelincahan tangan dan kakinya saat menghantam kayu-kayu tersebut sukses membuatnya menjadi yang terbaik.

Begitu pula saat turun di nomor golok kembar. Dia tampil lepas dan penuh percaya diri saat memainkan kedua goloknya. Jurus-jurus yang ditunjukkannya sukses memukau juri dan penonton yang hadir.

Medali perak juga diamankan oleh atlet Jawa Timur lainnya yaitu Shakira Marini Putri. Dia mencatat total nilai 18.440, terdiri dari 9.230 untuk wing chun wooden dummy dan 9.210 untuk wing chun butterfly sword.

Medali perunggu diraih oleh atlet Jambi Sukma Tri Nur Azizah. Dia memperoleh nilai 9.216 untuk wing chun wooden dummy dan 9.206 untuk wing chun butterfly sword, sehingga membukukan nilai total 18.422.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: DKI Jakarta gemilang di hari pertama, kawinkan emas wushu changquan
Baca juga: Jawa Barat pecah telur usai Tasya Ayu raih emas wushu nanquan putri

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024