Medan (ANTARA) - Della Dinarsari Harimurti menutup karier sebagai atlet loncat indah dengan menyabet satu emas dan dua perak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Dia mengatakan pencapaian dalam penampilannya yang terakhir di pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut sudah sesuai dengan target.

“Sejak awal saya memang memutuskan untuk pensiun setelah PON 2024. Bersyukur bisa menampilkan yang terbaik di sini,” ujar Della kepada ANTARA di Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Perempuan kelahiran 20 Agustus 1990 itu tampil apik di PON 2024. Della meraih emas saat turun di nomor sinkronisasi menara putri bersama Gladies Lariesa Garina Hagakore di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Minggu (9/9).

Kemudian untuk nomor perseorangan, dia meraih dua medali perak masing-masing pada nomor menara putri dan papan 3 meter putri. Della berada di bawah juniornya Gladies yang sukses menyabet emas dari dua nomor tersebut.

Raihan tersebut menambah koleksi medali Della sepanjang tampil di PON. Sepanjang karier, dia tercatat telah lima kali tampil dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Debutnya terjadi pada PON Kalimantan Timur 2008. Kala itu, Della meraih satu emas dan tiga perak. Empat tahun kemudian, dia kembali membawa pulang satu emas, dua perak, dan satu perunggu di PON Riau 2012.

Baca juga: Hasil akhir loncat indah PON 2024: Melalui Gladies, Jatim mendominasi

PON Jawa Barat 2016 menjadi puncak prestasi gemilang Della dengan membawa pulang empat medali emas dan satu medali perak. Kemudian di PON Papua 2021, dia mendulang dua emas dan dua perak.

Tak hanya di level nasional, Della juga beberapa kali mengharumkan Indonesia di pentas internasional seperti SEA Games dengan menyabet dua perak dan dua perunggu.

Kini, usia Della menginjak 34 tahun. Dia pun mengatakan ingin fokus untuk keluarga. Dia memercayakan tugasnya sebagai atlet Jawa Timur kepada juniornya.

“Masih ada Linar Betiliana ada Gladies dan lainnya. Saya yakin mereka akan terus berprestasi. Saya juga nanti akan mengambil sertifikasi untuk pelatih. Jadi saya akan tetap di loncat indah,” ujar Della.

Baca juga: Andriyan tutup persaingan di loncat indah dengan emas untuk DKI
Baca juga: Loncat indah - Gladies buat sejarah dengan raih lima emas di PON 2024


Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024