Kabupaten Deli Serdang (ANTARA) -
Atlet cabang olahraga atletik dari Nusa Tenggara Barat (NTB) Sapwaturrahman, berhasil memecahkan rekor Pekan Olahraga Nasional (PON), sekaligus merebut emas melalui nomor lompat jauh putra, dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024.
 
Pada lomba yang diselenggarakan di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat, Sapwaturrahman yang berumur 30 tahun atau paling tua, berhasil membukukan lompatan sejauh 7,69 meter.
 
Pencapaian itu berhasil melampaui rekor PON XIV Jakarta 1996, yang dipegang atlet asal Jawa Barat Yousan Lekahena, dengan lompatan sejauh 7,64 meter.
 
Selain itu, sang jawara itu juga belum mampu melewati rekor nasional miliknya sendiri, yang tercipta pada 2018, dengan lompatan sejauh 8,09 meter.
Atlet lompat jauh Sapwaturrahman saat bertanding di SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Kamboja, Selasa (9/5/2023). Sapwaturrahman berhasil mendapatkan medali perunggu usai melakukan lompatan sejauh 7.62 meter. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Untuk peringkat kedua, Sapwaturrahman diikuti oleh wakil Bangka Belitung, Ahmad Ambali Sukur, yang mencapai 7,51 meter.
 
Sedangkan peringkat ketiga atau peraih perunggu, diraih oleh Arifianto Firmansyah asal Jawa Tengah, dengan lompatan sejauh 7,46 meter.
 
Sementara itu, wakil tuan rumah Sumatera Utara, Shafwan Hafiszh dan Chandra Kirana, berada masing-masing di urutan kelima dan keenam.
 
Pertandingan cabang olahraga atletik nomor lompat jauh putra, diikuti sembilan provinsi dan 12 atlet yang berasal dari Aceh, Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Papua Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, dan Bangka Belitung.
 
Berikut hasil pertandingan final atletik nomor lompat jauh putra:
 
1. Nusa Tenggara Barat - Sapwaturrahman (7,69 meter)
 
2. Bangka Belitung - Ahmad Ambali Sukur (7,51 meter).
 
3. Jawa Tengah - Arifianto Firmansyah (7,46 meter).
 
4. Jawa Barat - Suwandi Wijaya (7,31 meter).
 
5. Sumatera Utara - Shafwan Hafizh (7,13 meter).
 
6. Sumatera Utara - Chandra Kirana (7,06 meter).
 
7. Jawa Timur - Riswar Bisma (6,92 meter).
 
8. Jawa Timur - Febri Prasetio (6,92 meter).
 
9. Papua Selatan - Stefen Ellel (6,79 meter).
 
10. Aceh - M Anggy Hillal (6,77 meter).
 
11. Sulawesi Tengah - Taufik (6,48 meter).
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024