Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Provinsi DKI Jakarta berhasil mengawinkan medali emas dalam lomba selam kolam atau finswimming Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara pada nomor 400 meter bifins estafet di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh, Jumat sore.

Atlet putra dan putri DKI Jakarta tampil begitu memukau dalam nomor favorit tersebut, dengan menurunkan masing-masing empat atlet.

Perolehan emas DKI Jakarta pada nomor itu dibuka oleh aksi relay yang begitu seru dari sektor putra di antaranya Sheva Bima Firmansyah, Harvey Hubert Marcello Hutasuhut, Guntur Pratama Putra dan Andityo Panigoro.

Mereka berhasil mengakhiri laga 400 meter estafet tersebut dengan catatan waktu tercepat yakni 2 menit 56,42 detik.

Tim DKI Jakarta mengungguli wakil Jawa Barat yang berada di posisi dua berkat usaha Kadek Darmawan, Kaisar Hansel Putra, Azka Muhammad F Mulyadi dan I Putu Bayu Ardhya Satrio yang mencatat waktu 2 menit 58,05 detik

Sedangkan posisi ketiga diisi wakil Jawa Timur, yakni Muhammad Amirullah Al Farizi, Achmad Fahrezi Anwar, Firman Muhammad Saputra dan Mochammad Farid A Najib yang mencatat waktu 2 menit 59,82 detik.

Baca juga: Jawa Timur borong enam emas selam kolam PON XXI dalam dua hari
Baca juga: Atlet selam Aceh sandingkan dua medali emas dari nomor berbeda


Sementara dari sektor putri 400 meter bifins estafet, aksi Nasya Wijaya, Ista Wirya Ardhiani, Joanita Mutiara Hapsari dan Aila Melody Aaron mampu mencetak waktu tercepat yakni 3 menit 21,81 detik.

Tim DKI Jakarta ini juga mampu mengungguli wakil Jawa Timur yang menurunkan Janis Rosalita Suprianto, Josephine C Suryanto, Nafa Amadea, dan Enny Susilowati Margono yang harus rela finis posisi kedua, dengan catatan waktu 3 menit 23,84 detik.

Dan posisi ketiga diisi wakil Jawa Barat dengan catatan waktu 3 menit 25,81 detik melalui aksi Hani Rosnawati, Yohana Agatha Siahaan, Salsabila Subekti, dan Raqi'El Az-Zahra.

Sekretaris Umum KONI DKI Jakarta Aminullah menyebut pihaknya memang telah mempersiapkan jauh hari agar para atlet selam kolam (finswimming) DKI Jakarta mampu tampil maksimal di semua nomor lomba.

Tentunya melalui berbagai upaya persiapan, mulai dari pemusatan latihan di dalam maupun luar negeri, serta berbagai try out yang dilakoni, sehingga menjadi modal penting untuk mendulang medali di PON Aceh-Sumut.

"Ini karena persiapan ya. Dan kita lihat di nomor individu juga dapat (medali), biasanya linier, kalau individu dapat, pasti waktu dia relay dia dapat juga, di individu sebelumnya jadi modal kita," katanya.

Baca juga: Sekjen POSSI berharap pembinaan olahraga selam makin merata

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024