Banda Aceh (ANTARA) - Bank Sampah Universitas Syiah Kuala (BSU USK) Banda Aceh melakukan aksi gerebek sampah dalam rangka menjaga kebersihan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang berada di lingkungan kampus.

"Kegiatan gerebek sampah ini dilakukan dengan memungut sampah di area venue PON di lingkungan Kampus USK Darussalam, Banda Aceh dan akan terus berlanjut hingga selesai acara PON," kata Direktur BSU USK, Rahma Herawati, di Banda Aceh, Jumat.

Sebagai informasi, ada empat venue PON yang berlokasi di USK, yaitu gelanggang Mahasiswa gelanggang olahraga (GOR USK), stadion mini USK, dan lapangan tugu Darussalam.

Rahma menjelaskan, kegiatan gerebek sampah ini melibatkan 40 mahasiswa sukarelawan yang dibagi ke dalam empat kelompok, masing-masing bertugas di satu venue

“Jadi, per venue ada sepuluh mahasiswa yang kawal sampah," ujarnya.

Dirinya berharap, semua arena PON yang berada di USK bisa menjadi contoh venue paling tertib tata kelola sampahnya agar atlet dan tim yang datang bisa merasa aman serta nyaman saat berkunjung selama PON berlangsung.

"Apalagi, saat PON ini banyak atlet dari seluruh wilayah Indonesia yang berkunjung ke Provinsi Aceh dan sebagiannya ada yang berkunjung ke USK," katanya.

Sementara itu, salah seorang ofisial PON yang mengkoordinasi venue PON Baseball dari Kalimantan Selatan Supargun T Pancho mengucapkan terima kasih kepada BSU USK yang sudah mengawal dengan baik sampah di lapangan tugu Darussalam tersebut.

Menurutnya, kondisi venue sekarang sangat bersih dibandingkan saat pertama mereka datang kondisinya sangat kotor.

“Terima kasih kepada BSU USK, kami berharap para atlet dan tim official bisa saling menjaga ketertiban tata kelola sampah dengan harapan kebersihan sampah tetap berlanjut walaupun sudah selesai PON,” demikian Supargun.

Baca juga: USK Banda Aceh siapkan 100 nakes cadangan untuk PON Aceh-Sumut
Baca juga: Menpora: Venue yang ada harus terus dimanfaatkan pasca PON

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024