Banda Aceh (ANTARA) - Topan Satria berhasil mempersembahkan medali emas pertama PON XXI Aceh-Sumut untuk kontingen Jambi di cabang petanque nomor shooting putra.
 
Topan berhasil meraih emas dalam nomor tersebut yang berlangsung di Sport Center USK, Banda Aceh pada Jumat (13/9).
 
Topan bertarung sengit dengan atlet Jawa Timur, Bagas Syarief Hidayat sebelum keluar sebagai juara pertama dengan angka tipis 41-43.
 
Sedangkan Bagas berhasil menembus final setelah menumbangkan kontingen Jawa Barat, yang menurunkan Iqbal Fauzi, di semifinal dengan angka 35-25.
 
Setelah pengalungan medali, Topan mengatakan bahwa bisa meraih pencapaian maksimal setelah melakukan latihan panjang untuk ajang PON XXI Aceh-Sumut.
 
"Rasanya sangat senang karena saya sudah lama menyiapkan semuanya ini dan berlatih dari tahun 2019 sampai sekarang," kata
 
Sedangkan Dhoni berhasil menembus final setelah menyingkirkan atlet tuan rumah Sumatera Utara, Rudi Irwanto dengan angka 13-7.
 
"Rasanya puas setelah selama ini latihan bertahun-tahun akhirnya bisa mendapatkan emas," kata Topan Satria.
 
Pencapaian Topan kali ini lebih baik dibandingkan yang dia raih saat mengikuti ajang ASEAN University Games 2024 yaitu medali perunggu.

 
 
Topan berharap medali emas ini membuatnya terus terpacu untuk meraih lebih banyak prestasi lagi baik di ajang nasional atau internasional.
 
"Terus berlatih untuk ajang yang lebih tinggi lagi, mungkin bisa mengikuti Sea Games dan lain-lain," tambahnya.
 
Dalam kesempatan ini, Topan juga ingin mengucapkan terima kasih atas semua orang yang terus mendukungnya hingga sampai ke titik ini.
 
"Medali emas ini saya persembahkan kepada kedua orang tua saya, yang sudah membesarkan saya sampai saat ini pelatihan, teman-teman yang sudah men-support saya hingga saat ini."

Hasil emas ini membuat kontingen Jambi berada di peringkat tiga dalam klasemen medali PON XXI Aceh-Sumut di cabang petanque, dengan satu emas, dua perak dan dua perunggu.

Untuk sementara Aceh masih memuncaki klasemen dengan dua emas, satu perak dan dua perunggu. Lalu diikuti Jawa Timur dengan satu emas dan tiga perunggu.

Berikut perolehan medali petanque nomor shooting putra, Jumat:
 
Emas - Jambi (Topan Satria)
Perak - Jawa Timur (Bagas Syarief Hidayat)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024