Banda Aceh (ANTARA) - DKI Jakarta masih kokoh di puncak klasemen sementara perolehan medali cabang olahraga judo Pekan Olahraga Nasional PON XXI Aceh Sumut 2024.

DKI berhasil mengumpulkan medali emas terbanyak dibanding daerah lain hingga hari keempat pelaksanaan pertandingan judo di Gelanggang Universita Syiah Kuala (USK) Kota Banda Aceh, Jumat.

DKI Jakarta total telah mengumpulkan enam medali emas, tiga medali perak dan empat medali perunggu. Total mereka mengemas 13 medali dalam dua nomor pertandingan yang telah dijalankan yakni nomor laga dan nomor seni.

Sementara Jawa Barat masih menguntit di peringkat kedua dengan lima medali emas, tujuh medali perak dan tiga medali perunggu atau total ada 15 medali yang telah mereka raih.

Jawa Barat berpeluang menjadi juara umum karena masih ada satu nomor yang akan dipertandingkan yakni nomor beregu campuran yang akan digelar Sabtu (13/9).

"Besok akan digelar satu nomor lagi untuk memperebutkan satu medali emas. Untuk nomor beregu campuran ini diikuti 12 daerah," kata Technical Delegate Judo Indonesia Ira Purnamasari di Banda Aceh, Jumat.

Ia mengatakan 12 peserta akan berlaga di babak penyisihan pertandingan nomor beregu campuran agar dapat lolos ke babak semifinal. Setelah lolos mereka akan bertarung memperebutkan medali nantinya.

Dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh- Sumut 2024 cabang olahraga judo memperebutkan 19 medali emas, 19 medali perak dan 38 medali perunggu yang diperebutkan.

Hingga Jumat malam, 18 medali emas, 18 medali perak dan 36 medali perunggu sudah didapatkan para pemenang.

"Satu medali akan diperebutkan besok di nomor beregu campuran," kata dia.

Kemudian di tempat ketiga klasemen sementara ada Bali dengan dua medali emas, empat perak dan tiga perunggu.

Di bawahnya ada Jawa Timur dengan dua medali emas, satu perak dan tiga perunggu lalu Banten dengan dua medali emas dan satu medali perunggu serta Lampung dengan satu medali emas.

Baca juga: Judoka Bali jadikan emas PON XXI modal di SEA Games 2025

Baca juga: Judo - Indah Permatasari sumbang medali emas untuk Lampung

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024