Medan (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menilai esport bisa menjadi program percontohan bagi cabang olahraga lain karena memberikan sejumlah dampak yang baik, salah satunya kepada sektor ekonomi.

"Olahraga, selain mencetak prestasi dan menciptakan jiwa sportivitas, juga punya dampak ekonomi dan industri. Esport Indonesia ini harus dijadikan role project dan percontohan seluruh cabang olahraga lain, " katanya seusai membuka pertandingan esport Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Medan International Convention Center (MICC), Kota Medan, Jumat.

Dito juga menyebutkan esport yang secara resmi dipertandingkan di PON kali ini,  ternyata berdampak pada ekosistem industri esport itu sendiri, salah satunya mendorong perkembangan gim lokal Indonesia.

"... Jadi ini sangat baik. Ini ekosistem baik dimana tadi disebutkan dengan ada dua gim lokal yg dipertandingkan ini adalah lokapala dan eksibisi adalah battle of guardian, battle of guardian... Ini menandakan dimana simbiosis mutualisme ekosistem antara pembinaan cabor, pembinaan prestasi dengan industri nya sangat berjalan inilah yg saya harapkan dan saya apresiasi kerja keras dr PBeSI," kata Dito.

Menurut Dito, PON XXI, saat esport yang untuk pertama kalinya menjadi cabang resmi yang dipertandingkan,  adalah momentum bagi Pemerintah, Kemenpora, PBeSI untuk mencari talenta - talenta muda yang akan disiapkan untuk bersaing di kancah dunia. Apalag nanti bakal ada Olimpiade khusus esport.
 
"Kemarin. bulan lalu di Paris di Olimpiade saat Kongres IOC, diputuskan setiap dua tahun bakal ada Olympic Esport Series, ini artinya PBeSI tambah kerjaan lagi menyiapkan kontingen timnas khusus esport untuk menjadi peserta di olympic khusus esport, " ucapnya.
  
Dito juga menyampaikan venue esport merupakan venue terbaik pada PON XXI, selain itu dirinya juga berjanji akan hadir kembali dalam pertandingan final atau penutupan cabang esport yang dijadwalkan tangga 19 September 2024.

Baca juga: Hari pertama cabang esport dibuka dengan nomor efootball
Baca juga: Esport - Imam Thahir menang atas Elga Cahya di nomor efootball

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024