Banda Aceh (ANTARA) - Tim DKI Jakarta berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga korfball Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dari nomor lomba K4-1 atau empat lawan empat dengan satu tiang.

DKI Jakarta mengunci kemenangan setelah menekuk Jawa Barat dengan skor 9-2 pada laga final di Lapangan GOR Merah Putih, Sabang, Aceh, Jumat (13/9) sore.

"DKI Jakarta meraih medali emas pada nomor korfball 4 satu tiang, perak Jawa Barat dan Yogyakarta perunggu," kata Technical Delegate korfball PON XXI Adelaida Koraag saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat, malam.

Ia menjelaskan final perebutan medali emas tersebut berlangsung lancar. DKI Jakarta tampil begitu dominan sehingga mampu menekuk Jawa Barat dengan skor telak.

Sementara saat pertandingan perebutan peringkat ketiga yang mempertemukan DIY Yogyakarta melawan Kalimantan Timur, kedudukan akhir tipis, dengan skor 12-11.

Menurut Adel, pertandingan perebutan posisi ketiga itu berlangsung seru dan alot. Hingga menghabiskan empat kuarter, skor kedua tim imbang, sehingga mengharuskan tambahan waktu lima menit.

"Dalam tambahan waktu, satu detik menjelang waktu berakhir, Kalimantan Timur berhasil cetak skor, sehingga mengubah kedudukan jadi 12-11, pertandingan cukup seru," ujarnya.

Di sisi lain, Adel mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan dua dari tota tiga nomor perlombaan korfball yang dipertandingkan pada PON XXI Aceh-Sumut.

Sebelumnya mereka telah menyelesaikan perlombaan nomor K4-2 atau empat lawan empat dengan dua tiang, yang dikunci emas oleh tuan rumah Aceh, medali perak Jawa Barat dan DKI Jakarta meraih perunggu.

"Sejauh ini secara umum kegiatan berlangsung lancar, enggak ada masalah. Besok (Sabtu, 14/9) kami mulai lanjutkan babak penyisihan nomor terakhir, yaitu K8," ujarnya.

Pada PON XXI, ada 10 provinsi yang mengirimkan perwakilan pada korfball, di antaranya Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Barat.

Pertandingan cabang olahraga korfball menerapkan sistem setengah kompetisi, sehingga semua tim bertemu untuk bertanding pada babak penyisihan baik nomor K8, K4-1, maupun K4-2.

Baca juga: Korfball - Aceh kunci emas perdana PON XXI nomor K4-2 di Sabang

Baca juga: TD: Laga hari pertama korfball PON XXI di Pulau Weh berjalan lancar

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024