Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan berkomitmen dalam mengatasi beragam persoalan venue dalam PON XXI/2024 di Sumut secara maksimal.

"Dalam beberapa hari belakangan, kami terus berusaha secara maksimal untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan venue ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Venue PB PON wilayah Sumut Mulyono dalam konferensi pers di Medan, Sumatera Utara, Sabtu.

Ia menyampaikan pula untuk mewujudkan komitmen itu pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya, mulai dari Panitia Pengawasan dan Pengarah (Panwasrah) PON Sumut hingga delegasi teknis (technical delegate) dari masing-masing cabang olahraga.

PB PON, kata Mulyono, terus berkomunikasi memastikan kebutuhan pertandingan dalam PON 2024 yang diselenggarakan di Sumut itu.

"Tentu, kami selalu berkoordinasi, baik dengan Panwasrah, kemudian technical delegate dari masing-masing cabang olahraga, apa yang perlu kita persiapkan sehingga pertandingan-pertandingan yang akan terlaksana itu memenuhi standar yang ada," ucapnya.

Baca juga: Kunjungi PON, Menpora: venue bola voli sudah cukup bagus

Dalam kesempatan yang sama, Mulyono juga menyinggung venue cabang olahraga bola voli indoor yang sempat viral dengan narasi belum selesai dibangun. Saat ini, kata dia, kondisi venue tersebut sudah nyaman untuk digunakan sebagai lokasi pertandingan voli indoor.

Sebelumnya pada Jumat (13/9) dalam kunjungannya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menilai fasilitas tempat pertandingan bola voli indoor PON di Stadion Utama Sumut Sport Center sudah cukup baik. Dito menilai tempat ini berpotensi menjadi salah satu tempat pertandingan terbaik di Indonesia.

"Saya tadi dari Stadion Utama, sekarang ke sini untuk melihat yang kemarin dikeluhkan banyak atlet. Alhamdulillah jalannya sudah rata, melihat langsung di dalam venue dari voli, Alhamdulillah penonton saya rasa nyaman, tadi saya tanya," ujar Dito.

Meski menilai tempat pertandingan ini sudah sangat baik, Dito mengakui jika masih ada beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki dan diselesaikan agar GOR Bola Voli Sumut Sport Center dapat menjadi salah satu yang terbaik.

"Ini menjadi yang terbaik karena mungkin ini satu-satunya atau salah satu yang dedicated indoor dan bisa dilihat di lapangannya ada AC khusus untuk pemain dan di penontonnya ada AC khusus untuk penonton. Bisa dilihat sistem AC-nya ini sudah standar internasional," jelas Dito.

Baca juga: Atlet bola voli indoor berharap akses jalan segera rampung

Baca juga: Soal arena voli indoor belum siap, Ketua Harian PB PON: Besok siap

Baca juga: Jadwal pertandingan bola voli diundur sehari

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024