Aceh Timur (ANTARA) - Aceh tersingkir dalam perebutan medali nomor tim ganda putra cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Aceh tersingkir setelah dalam pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A kalah atas Sumatera Utara dengan skor 3-0 di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu.

Kekalahan Aceh itu setelah tim pertama gagal menaklukkan Sumatera Utara dengan poin 10-15 dan 12-15. Kemudian, tim kedua kalah dengan poin 13-15, 15-7, dan 11-15. Serta tim ketiga dianggap kalah karena tidak dimainkan dengan poin 0-15, 0-15.

Dengan kemenangan atas Aceh tersebut, Sumatera Utara melaju ke semifinal mendampingi Jawa Timur yang tampil sebagai juara Grup A. Jawa Timur menjuarai Grup A setelah mengalahkan Aceh dan Sumatera Utara masing-masing dengan skor 3-0.

Di Grup B, Sulawesi Selatan memastikan melaju semifinal setelah tampil sebagai juara grup dengan dua kali kemenangan. Pada pertandingan pertama, Sulawesi Selatan menang atas Jakarta dengan skor 2-1 dan menang dari Sumatera Barat 3-0.

Sementara, Jakarta juga memastikan mendampingi Sulawesi Selatan ke babak empat besar dengan status sebagai peringkat dua grup setelah menang dari Sumatera Barat dengan skor 2-0.

Kemenangan Jakarta ditentukan dalam pertandingan terakhir babak penyisihan grup yang berlangsung ketat menghadapi Sumatera Barat. Tim pertama Jakarta menang dua set dengan poin tipis 17-16 dan 17-16.

Begitu juga pertandingan kedua, tim kedua Jakarta menang 2-1 dengan poin 15-13, 16-17, dan 17-14. Sedangkan tim ketiga tidak dimainkan setelah Jakarta unggul dengan skor 2-0.

Pada babak semifinal nomor tim ganda putra yang digelar Minggu (15/9), Jawa Timur berhadapan dengan Jakarta. Sedangkan Sulawesi Selatan ditantang Sumatera Utara.

Baca juga: Sepak takraw Jatim kalahkan Aceh di penyisihan Grup A nomor tim ganda
Baca juga: Sepak takraw - Tim putri Jatim dan Jakarta berpeluang ke semifinal

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024