Aceh Timur (ANTARA) - Tim sepak takraw Aceh mendampingi Jawa Timur ke babak semifinal nomor tim ganda putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, setelah berhasil mengalahkan Sumatera Utara 2-1 di Gedung Idi Sport Center, Idi, Aceh Timur, Sabtu.

Aceh harus berjibaku bangkit dari ketertinggalan untuk bisa mengalahkan Sumatera Utara di pertandingan tersebut, sebab sempat tertinggal di gim pertama 15-4, 16-17, 16-17.

Dukungan publik tuan rumah mampu memantik kebangkitan Aceh yang menyamakan kedudukan lewat tim kedua yang menang dua set langsung 15-5, 15-7. Aceh mengunci kemenangan mereka setelah tim ketiga juga hanya membutuhkan dua set untuk menundukkan Sumatera Utara 15-7, 15-7.

Hasil itu mengantarkan Aceh melangkah ke semifinal mendampingi Jawa Timur yang keluar sebagai juara Grup B berbekal kemenangan meyakinkan 3-0 atas Aceh dan Sumatera Utara.

Baca juga: Sepak takraw - Aceh tersingkir di nomor tim ganda putra
Baca juga: Pelatih takraw Gorontalo wafat di Aceh, sempat dampingi bertanding


Di Grup A, pertarungan sengit melibatkan Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta yang memperebutkan status juara grup. Sulawesi Selatan keluar sebagai juara Grup A setelah mengandaskan Jakarta 2-0 (15-2, 15-9 dan 15-8, 15-7).

Sulawesi Selatan sebelumnya juga menang telak 3-0 atas Riau, sedangkan Jakarta berhak melaju ke semifinal sebagai runner-up Grup A berbekal kemenangan 2-1 atas Riau.

Pertandingan tim putri antara Sulawesi Selatan berhadapan dengan Jakarta sempat dihentikan lantaran atap Idi Sport Center bocor dan air hujan membasahi lapangan. Kondisi itu memaksa pertandingan dilanjutkan dengan pemindahan lapangan.

Di babak semifinal, Jawa Timur berhadapan dengan Jakarta. Sedangkan Sulawesi Selatan menghadapi Aceh. Partai gugur empat besar sepak takraw nomor tim ganda putri tersebut dijadwalkan berlangsung pada Minggu (15/9).

Baca juga: Atletik - Pecahkan rekor PON, Wahyudi: Untuk ibu yang sedang sakit
Baca juga: Wushu - Atlet termuda DKI Jakarta sumbang emas dari taolu kombinasi

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024