Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola putra Jawa Barat berhasil melaju ke semifinal ajang Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut setelah menang adu penalti melawan tuan rumah Sumatra Utara dengan skor 5-4.
 
Jabar dan Sumut harus melalui adu penalti setelah bermain 1-1 selama 90 menit penuh dan tambahan waktu dua kali 15 menit di Stadion Dimurthala, Banda Aceh pada Sabtu sore (14/9).
 
Sumut memberikan tekanan kepada Jabar di lima menit pertama. Peluang pertama terjadi menit ke-6, berawal dari serangan balik, bola umpan lambung dikontrol Cloudio Feira sebelum menusuk ke tengah dan melepaskan tendangan. Sayang percobaan terlalu lemah sehingga mudah ditangkap kiper Jabar, Sujarmin.
 
Jawa Barat kesulitan untuk membangun serangan yang kerap kali dipatahkan Sumut sebelum mencapai kotak penalti.
 
Jabar menciptakan peluang pada menit ke-23 lewat tendangan Abdan Hanif dari luar kotak penalti, tetapi belum membahayakan gawang kiper Sumut.

Baca juga: Sepak bola - Kalsel pastikan tempat di semifinal melalui adu penalti
 
Peluang berbahaya pertama Jabar baru muncul pada menit ke-30, sebuah serangan dari sisi kiri membuat pemain Alfariz Sobirin tidak terkawal. Namun, tendangannya di kotak penalti masih ditepis penjaga gawang Reza Satria.
 
Babak pertama berakhir tanpa gol.
 
Sumut berhasil membuka skor di babak kedua atau pada menit ke-52, bermula dari sepak pojok. Bola dihalau pemain Jabar sebelum dikontrol Riki Pradana.
 
Dia kemudian melepaskan umpan lambung ke kotak penalti yang sukses disundul Reza Anugrah menjadi gol. Skor menjadi 1-0.
 
Tak selang berapa lama, Jabar bisa mencetak gol balasan lewat permainan kerja sama apik yang dituntaskan dengan tendangan luar kotak penalti Zamzam Sovia untuk membuat kedudukan menjadi 1-1.
 
Pada menit ke-66, Jabar menciptakan peluang lewat sundulan Muhammad Afif di kotak penalti setelah menyambut tendangan bebas Marvin Nugraha. Namun, Reza berada di posisi tepat saat mengamankan bola.
 
Sumut balas menyerang pada menit ke-73, bermula dari lemparan ke dalam. Bola berhasil ditendang Nico Fernando, sayangnya masih bisa ditangkap oleh Sujarmin.
 
Tidak terlalu banyak peluang yang tercipta dari kedua kesebelasan selama 90 menit sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu.
 
Sumut nyaris mencetak gol lima menit saat babak pertama tambahan waktu dimulai melalui aksi Nico, yang menggiring bola melewati dua pemain sebelum melepaskan tendangan dari sisi kanan. Sayangnya kiper Jabar masih bisa menangkap bola dan mengamankan gawangnya.

Baca juga: Jadwal perempat final cabang sepak bola putra PON XXI Aceh-Sumut
 
Gawang Jabar kembali terancam pada menit ke-103. Permainan 1-2 di depan gawang diselesaikan dengan tendangan Riki Pradana, tetapi Sujarmin melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola keluar lapangan.
 
Tidak ada gol yang tercipta di babak kedua perpanjangan waktu. Pemenang dari pertandingan ini harus ditentukan lewat adu penalti.
 
Dua penendang Sumut, Fikri Arjidan dan Nur Kholis gagal mencetak gol. Sedangkan hanya satu penendang Jabar yang tidak berhasil mencetak gol. Jawa Barat menang adu penalti 5-4 atas Sumut.

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024