Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur masih menempati peringkat teratas klasemen perolehan medali cabang olahraga wushu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, setelah berhasil menambah dua medali perak dan tiga perunggu di hari ketiga pertandingan.

Pada pertandingan yang berlangsung di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu, Jawa Timur berhasil memperoleh medali perak melalui Terrence Tjahyadi di nomor nandao dan nangun putra, serta Aqila Ghaida Fuaizah di nomor nandao dan nangun putri.

Selain itu, medali perunggu diraih oleh Ahmad Ghozali Fuaiz di nomor nandao dan nangun putra, Alisya Mellynar di nomor taijijian putri, dan Rainer Reinaldy Ferdiansyah di nomor taijijian putra.

Dengan tambahan medali ini, Jawa Timur kini mengoleksi total enam emas, delapan perak, dan lima perunggu.

Jakarta mengekor di urutan kedua setelah menambah satu emas dan satu perak di hari ketiga. Medali emas diraih oleh Agni Agustine Dimonim di nomor nandao dan nangun putri, sementara medali perak diraih oleh Salwaa Dhana Azalia di nomor taijijian putri. Total medali Jakarta kini menjadi lima emas, empat perak, dan lima perunggu.

Sumatera Utara juga tampil gemilang dengan koleksi empat medali emas, setelah dua medali emas tambahan datang dari Harris Horatius di nomor nandao dan nangun putra serta Nicholas di nomor taijijian putra.

Sementara itu, Jawa Tengah pecah telur medali emas lewat Alexandra Calista Setiawan di nomor taijijian putri. Mereka menyodok ke urutan keempat dengan koleksi satu emas, satu perak, dan satu perunggu.
Atlet wushu Jawa Tengah Alexandra Calista Setiawan beraksi pada final wushu taolu taijijian putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Gedung Serbaguna Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu), Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu(14/9/2024). Medali emas diraih atlet wushu Jawa Tengah Alexandra Calista Setiawan dengan skor 9,626 medali perak diraih atlet wushu DKI Jakarta Salwa Dhana Azalia dengan skor 9,613 dan medali perunggu diraih atlet wushu Jawa Timur Alisya Mellynar dengan skor 9,610. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/agr
Jawa Barat meraih satu medali perunggu melalui Tasya Ayu Puspa Dewi di nomor nandao dan nangun putra, membuat posisi mereka berada di peringkat kelima dengan satu emas dan satu perunggu.

Yogyakarta berada di posisi keenam dengan dua perak dan satu perunggu. Medali perak tambahan disumbang oleh Juan Hendy Irmanto di nomor taijijian putra.

Kontingen Bali, Jambi, dan Nusa Tenggara Timur tidak memperoleh tambahan medali pada hari ketiga.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut yang berlangsung dari 12 hingga 15 September ini memperebutkan total 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Wushu - Jawa Timur salip perolehan emas DKI Jakarta di hari kedua
Baca juga: Wushu - Hari ketiga perebutkan empat medali emas nomor taolu
Baca juga: Wushu- raih lima emas, manajer tim Jatim sebut atletnya "bonek"

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024