Banda Aceh (ANTARA) - Cabang olahraga gantole pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara resmi memulai nomor pertandingan durasi di Bandar Udara Rembele, Takengon, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Sabtu.

Technical Delegate Cabang Olahraga Gantole PON XXI Arif Eko Wahyudi, di Aceh, menjelaskan bahwa nomor pertandingan durasi terbagi atas dua kelas, yakni A dan B.

Masing-masing provinsi diperbolehkan mengirimkan maksimal dua atlet untuk memperkuat timnya di nomor durasi, tetapi ada pula yang hanya mengirimkan satu atlet.

Jumlah atlet di nomor durasi kelas A sebanyak 14 orang, sedangkan di kelas B sebanyak 27 orang yang akan mengikuti babak kualifikasi hingga final.

Sesuai dengan jadwal pertandingan yang telah ditetapkan, nomor durasi digelar mulai 14-18 September mendatang, namun tanggal 19 September 2024 masih bisa dipakai sebagai cadangan jika belum rampung.
Para atlet gantole pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 saat berlaga di Bandar Udara Rembele, Takengon, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Senin (9/9/2024). (ANTARA/HO-Dok Pribadi)
"Hari ini sudah mulai nomor durasi. Tadi sudah bisa dilaksanakan satu round kelas B. Untuk satu round kelas A tidak bisa dilanjutkan karena faktor cuaca," katanya.

Rencananya, pertandingan akan dilanjutkan Minggu (15/9) besok, untuk mengganti satu round di kelas A. Kemudian, kelas A dan B masing-masing satu round.

Diakuinya, nomor durasi memang membutuhkan waktu lama karena penilaiannya memang lama terbang di ketinggian tertentu dan menyelesaikan tugas yang ditetapkan.

"Jadi, bagaimana bisa terbang selama mungkin menyelesaikan tugas yang ditetapkan yang bisa dilihat di 'device'. Di 'device' itu ada koordinat-koordinat di jarak tertentu, misalnya 500 meter atau 1 kilometer, dan seterusnya," katanya.

Artinya, kata dia, penerbangan gantole memang bisa berlangsung cukup lama, tetapi pada Sabtu pagi hanya berlangsung 10-15 menit.

"Sebenarnya bisa terbang 1-2 jam. Namun, data (penerbangan gantole, red.) terlama untuk penerbangan di sini antara 30-40 menit. Jadi, perkiraan kami ya sekitar itu," katanya.

Baca juga: Gantole - Para atlet tuntaskan enam nomor pertandingan

Selanjutnya: Untuk ketinggian terbang

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024