Banda Aceh (ANTARA) - Perjuangan panjang tim judo Jakarta di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 terbayar setelah mereka dinobatkan sebagai juara umum pada penghujung rangkaian pertandingan yang digelar di Gelanggang Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Sabtu.

Jakarta meraih predikat juara umum setelah mengoleksi medali emas terbanyak yakni tujuh emas ditambah tiga perak dan empat perunggu. Posisi Jakarta diikuti oleh Jawa Barat pada peringkat kedua dengan perolehan lima medali emas, delapan perak dan tiga perunggu.

Kemudian di peringkat ketiga ada Bali yang mengumpulkan dua medali emas, empat perak dan empat perunggu serta di peringkat keempat ada Jawa Timur dengan dua medali emas, satu perak dan empat perunggu.

Tim Jakarta mengunci predikat juara umum usia memenangkan laga final nomor beregu campuran yang juga menjadi pertandingan pamungkas cabang olahraga judo PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Laga final beregu campuran mempertandingkan enam pertandingan nomor -57kg putri, -73kg putra, -79kg putri, -70kg putri, -90kg putra, dan +90kg putra.

Regu Jakarta diperkuat oleh Gerard Christopher George Pantouw di nomor +90kg putra, Meli Marta Rosita di nomor -57kg putri, Chandra Kurnia Rettob di nomor -73kg putra, Tika Syafitri di nomor -70kg putri, Muhammad Alfiansyah Lubis di nomor -90kg putra, dan Maryam March Maharani di nomor -70kg putri.
Judoka atau atlet judo dari tim Jakarta Shifa Aulia medali emas yang diperoleh di nomor -45 kilogram putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh- Sumatera Utara 2024 usai memenangkan laga final di Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh pada Selasa (10/9/2024). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)
Baca juga: Judo - DKI Jakarta masih kokoh di puncak klasemen PON XXI

Jakarta keluar sebagai pemenang usai mengalahkan regu Jawa Barat dengan skor 4-2.

Enam emas lainnya disabet Jakarta pada nomor pertandingan -45kg putri, -48kg putri, -52kg putri, -55kg putra, -73kg putra, dan -81kg putra.

Pada nomor -45kg putri, Shifa Aulia mempersembahkan emas untuk Jakarta usai mengalahkan wakil Jawa Barat Windi Ardana di babak final.

Kemudian di nomor -48kg putri giliran Meli Marta Rosita yang memberikan kontribusi emas setelah unggul dari judoka (atlet judo) dari Jawa Barat, Desiana Syafitri.

Judoka yang tampil mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024, Maryam March Maharani meraih emas di nomor -52kg putri usai mengalahkan perwakilan Jawa Barat Zhovanis Keisya Imawan.

Kemenangannya hari itu sekaligus mempertahankan gelar juara yang diraihnya di nomor yang sama pada PON XX Papua 2021.

Muhammad Jamil Reza memenangkan emas pertama untuk kategori putra di nomor -55kg setelah mengalahkan Muhammad Rizqi Maulana dari Jawa Barat.

Keempat nomor tadi dipertandingkan pada hari pertama pertandingan judo pada Selasa 10 September. Di hari itu, Jakarta menunjukkan dominasinya dengan menyabet empat dari enam medali emas yang diperebutkan di hari pertama.

Pada hari kedua, Rabu 11 September, Jakarta kembali memenangkan dua emas. Kali ini diraih oleh Chandra Kurnia Rettob di nomor -73 kilogram putra yang unggul dari Iksan Apriyadi asal Jawa Barat dan Gerard Christopher George Pantouw di nomor -81 kilogram putra setelah memenangkan laga final melawan Diki Hartato dari Sumatera Utara.

Baca juga: Judo - DKI tambah medali emas di hari terakhir nomor beregu campuran
Baca juga: Jakarta juara umum judo PON XXI usai kumpulkan tujuh emas


Selanjutnya: Pembibitan dan regenerasi

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024