Baru pertama kali main PON bisa dapat emas. Saya sangat bangga
Deli Serdang (ANTARA) - Amelia Putri Wibowo, atlet taekwondo asal Provinsi Jawa Tengah (Jateng), mampu menyabet medali emas meski baru pertama kali tampil dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara.

"Puji Tuhan sekali, baru pertama kali main PON bisa dapat emas. Saya sangat bangga," kata Amelia di sela menerima medali emas di Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu.

Atlet kelahiran Sukoharjo, 25 Januari 2004, merasa sangat bangga karena dapat menyumbangkan medali emas bagi daerahnya.

Ia berhasil menyumbangkan medali emas bagi Jateng seusai mengalahkan Rizki Delva dari Sumatera Barat (Sumbar) pada babak final kategori kyorugi kelas 73 kilogram yang berlangsung di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang.

Meskipun baru pertama kali tampil di PON, Amelia menunjukkan performa yang mengesankan dengan berhasil memperoleh medali emas dalam ajang empat tahunan tersebut.

Menurutnya, latihan intensif selama enam bulan menjadi kunci keberhasilan itu, meskipun baru pertama kali berkompetisi di PON.

"Perjuangan selama latihan itu banyak naik turun, luar biasa sekali. Dan ketika tampil di sini, saya cuma mengandalkan Tuhan saja," ucapnya.

Amelia Putri Wibowo, atlet taekwondo Provinsi Jawa Tengah (Jateng) peraih medali emas PON XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara berfoto bersama penerima medali perak dan perunggu di Deli Serdang, Sabtu (14/9/2024). ANTARA/Harianto
Baca juga: Taekwondo - Dinda Putri Lestari asal Jateng pertahankan gelar emas PON

Ia juga mengaku bahwa sebelumnya pernah mengikuti berbagai even nasional, hanya saja dia tidak menjelaskan kompetisi apa saja yang telah diikuti sebelumnya.

Selama periode latihan, Amelia mengalami berbagai tantangan dan kesulitan. Namun, ia tetap mengandalkan keyakinan dan dukungan Tuhan untuk mengatasi berbagai rintangan.

Sebelum final, Amelia sempat berkomunikasi dengan orang tuanya melalui telepon dan video call. Ia mengaku, medali emas yang diraihnya dipersembahkan untuk keluarga.

Orang tua Amelia memberikan dukungan moral dan pesan untuk selalu yakin, alhasil dalam kompetisi itu, ia bisa keluar sebagai juara.

"Sebelum final tadi telepon ibu, telepon ayah, VC. Pesan ibu agar saya selalu yakin dan percaya sama Tuhan Yesus, pasti bantu," imbuhnya.

Dia berharap pencapaiannya di PON kali ini dapat membuka jalan bagi partisipasinya di ajang internasional seperti SEA Games dan Asian Games.

Dalam kategori kyorugi kelas 73 kilogram PON XXI Aceh-Sumatera Utara, Provinsi Jawa Tengah keluar sebagai peraih medali emas, sedangkan perak diraih oleh Rizki Delva dari Sumatera Barat.

Sementara itu medali perunggu diraih oleh Devina Yusviantara dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nanda dengan Fernandia dari Jakarta.

Baca juga: Taekwondo - Osanando Naufal sabet emas usai sempat gagal di PON Papua
Baca juga: Taekwondo - PBTI turunkan pelatih pelatnas bidik atlet potensi PON XXI


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024