Aceh Timur (ANTARA) - Tim sepak takraw putri Sulawesi Selatan melaju ke final nomor tim ganda putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 usai mengalahkan tuan rumah Aceh.

Bertanding pada babak semifinal di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Minggu, tim putri Sulawesi Selatan mengalahkan Aceh 2-0.

Bertanding di hadapan pendukungnya, Aceh sempat unggul setelah tim pertama membuka kemenangan di set pertama dengan poin 15-12.

Namun, tim pertama Aceh gagal memenangkan laga setelah seorang pemain putri Aceh mengalami cedera di set kedua, sehingga pertandingan tidak dapat dilanjutkan

Wasit pun menyatakan tim pertama Sulawesi Selatan menang. Kemenangan juga diraih tim kedua Sulawesi Selatan dengan poin 15-5, 15-8.

Sementara itu, di pertandingan semifinal lainnya, Jakarta mengalahkan Jawa Timur dalam permainan ketat dengan skor tipis 2-1.

Baca juga: Tim sepak takraw Sulsel jumpa Jatim di final nomor tim ganda putra

Dalam pertandingan babak gugur tersebut, tim pertama Jakarta unggul dua set dengan poin 15-13, 15-9. Namun, Jawa Timur mampu menyamakan skor 1-1 setelah tim kedua memenangkan pertandingan dengan poin 15-8, 15-11.

Pada partai penentuan, tim ketiga kedua provinsi tersebut bermain ketat dalam pengumpulan poin. Set pertama dimenangkan Jakarta dengan 15-13. Namun, di set kedua, Jawa Timur menang 15-11.

Kemenangan Jakarta ditentukan pada set ketiga. Tim ketiga Jakarta akhir menutupi pertandingan dengan kemenangan dalam tiga set, 15-13, 11-15, 15-12.

Dengan kekalahan tersebut, Aceh dan Jawa Timur harus puas dengan medali perunggu bersama, sedangkan Sulawesi Selatan dan Jakarta akan berebut medali emas.

Baca juga: Aceh dampingi Jatim ke semifinal sepak takraw nomor tim ganda putri
Baca juga: Sepak takraw - Aceh tersingkir di nomor tim ganda putra

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024