Banda Aceh (ANTARA) - Provinsi Papua yang menjadi juara umum pada cabang olahraga tarung derajat pada PON Papua 2021 hanya meloloskan satu atlet untuk tampil di PON Aceh-Sumut 2024 yang digelar di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Kota Banda Aceh.

“Kami datang ke sini hanya membawa satu atlet yang lolos di Babak Kualifikasi PON Aceh-Sumut,” kata asisten pelatih Akdamina Susana Epa di Banda Aceh, Minggu.

Tim Papua menjadi juara umum cabang olahraga tarung derajat di PON Papua yang digelar di Gedung Eme Neme Yauware, Mimika pada 2021. Tim tuan rumah berhasil menjadi yang terbaik dengan empat medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu.

Menurut dia meski keluar sebagai juara umum di cabang olahraga tarung derajat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, hal it tak membuat kontingen Papua mengirimkan banyak atlet ke Tanah Rencong.

“Kami membawa enam atlet ke babak kualifikasi PON Aceh Sumut tapi yang dinyatakan lolos ke PON 2024 ini hanya satu atlet,” kata wanita peraih medali emas tarung derajat di PON Jawa Barat 2016 itu.

Ia menjelaskan satu atlet Papua akan turun di kelas berat putra yakni 75,1-80 kg putra dan pihaknya telah menggelar persiapan selama enam bulan untuk tampil di kelas tarung ini.

“Kami sudah gelar persiapan fisik umum, persiapan fisik khusus dan lainnya,” kata dia.

Terkait peluang meraih medali emas, ia mengatakan semua berpulang kepada sang atlet yang bertarung di atas matras untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka untuk jadi pemenang.

“Menang atau kalah itu semua atlet yang memutuskan di atas matras. Kami sudah berikan yang terbaik dan ini berpulang kepada sang atlet,” kata dia.

Baca juga: Guru Rimba dan Guru Badai beri pengarahan jelang pertandingan PON

Sebelumnya sebanyak 21 medali emas akan diperebutkan 22 provinsi yang menjadi peserta di cabang olahraga tarung derajat ini dari tiga kategori pertandingan yakni tarung dan seni gerak untuk atlet putra, putri dan campuran di Pekan Olahraga Nasional (PON)XXI Aceh-Sumut 2024.

Total ada 21 nomor pertandingan yang dipertandingkan yang terdiri dari nomor tarung bebas sebanyak 14 nomor yakni putra yakni kelas 49,1-52 kg putra, 52,1-55 kg putra, 55,1-58 kg putra, 58,1-61 kg putra, 61,1-64 kg putra. Kemudian kelas 64,1-67 kg putra, 67,1-70 kg putra, 70,1-75 kg putra dan 75,1-80 kg putra.

Selanjutnya tarung bebas putri mulai dari kelas 45,1-50 kg putri, 50,1-54 kg putri, 54,1- 58 kg putri, 58,1- 62 kg putri, dan kelas 62,1-66 kg putri. Setelah itu untuk nomor pertandingan seni pria ada ranger tunggal, getar berpasangan, dan garang beregu. Untuk di kelas putri juga dipertandingkan nomor seni ranger tunggal, getar berpasangan, dan ranger beregu.

Selain itu, satu medali emas diperebutkan juga di nomor campuran pertandingan getar beregu.

Baca juga: 21 medali emas diperebutkan di cabang tarung derajat
Baca juga: Aceh pacu latihan atlet tarung derajat demi target juara umum PON XXI


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024