Medan (ANTARA) -
Cabang esport nomor Battle Of Ground (BOG) mulai dipertandingkan secara ekshibisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Medan International Convention Center (MICC),  Medan, Minggu.

BOG yang merupakan gim pertarungan buatan Indonesia diikuti oleh delapan perwakilan yaitu, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Banten, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Bali dan IKN.

Pertandingan BOG sendiri memiliki sistem double elimination atau sistem gugur ganda atau sistem yang membagi peserta ke dalam dua bagan yaitu bagan menang (winners bracket) dan bagan kalah (losers bracket) setelah putaran pertama.

Pemenang putaran pertama masuk ke dalam bagan menang dan yang kalah masuk ke bagan kalah. Bagan menang dijalankan sama seperti sistem gugur biasa, hanya saja yang kalah di tiap putaran akan "turun" ke bagan kalah.

Pemenang pada pertandingan BOG sendiri ditentukan oleh pemain yang berhasil menang terlebih dahulu dalam tiga babak.

Baca juga: Mengenal Battle of Guardian gim lokal yang jadi eksibisi di PON XXI

Pada match 1, perwakilan Jawa Timur Darmawan Sie berhasil mengalahkan perwakilan dari IKN, M. Reza dengan skor telak 3-0, kemudian pada match 2 giliran perwakilan DKI Jakarta Mohammad Safei berhasil mengalahkan wakil Banten Aghi Saha dengan skor 3-1.

Selanjutnya pada match 3, Oka Triana dari Bali sukses mengalahkan Nanda Tri wakil dari Kalimantan Barat dengan skor 3-0, pada match 4 wakil Sulawesi Utara Albertine Jeremy sukses mengalahkan wakil tuan rumah Sumatera Utara, Efraim Gogtua dengan skor tipis 3-2.

Pada match 5 atau memasuki lower bracket M. Reza dari IKN kembali kalah oleh wakil Banten Aghi Saha dengan skor 0-3, begitu juga tuan rumah Sumut yang diwakilkan Efraim Gogtua kalah dari wakil Kalbar Nanda Tri dengan skor 0-3 pada match 6.

Beralih ke bagan upper bracket atau match 7, wakil Jatim Darmawan Sie, harus mengakui keunggulan wakil DKI Mohammad Safei dengan skor tipis 2-3, begitu juga pada march 8 wakil Sulawesi Utara Albertine harus puas kalah dari wakil Bali, Oka Triana dengan skor 0-3.

Pada match 9 di babak lower bracket, wakil Sulut Albertine harus akui kehebatan wakil dari Banten Aghi dengan skor 1-3, dan match 10 atau match terakhir Nanda wakil Kalbar sukses kalahkan wakil Jatim Darmawan dengan skor 3-1.

Dengan hasil tersebut keempat tim akan bertanding pada babak semifinal yang diselenggarakan pada Senin (16/9) yang mempertemukan DKI Jakarta melawan Bali di upper bracket dan Banten melawan Kalbar di low bracket.

Baca juga: Sekjen PB ESI sebut inklusivitas esports tidak hanya di Pulau Jawa

Baca juga: Tim esport Jawa Barat tambah medali emas di nomor Free Fire 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024