Deli Serdang (ANTARA) - Tim Jawa Barat mengamankan predikat juara Pool B cabang bola voli putra Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 setelah menghajar DKI Jakarta dengan skor 3-0 di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Minggu.

Pada pertandingan ini Jawa Barat tampil dominan dan menurunkan pemain andalannya di setiap set seperti Farhan Halim hingga Jasen Natanael Kilanta sehingga mereka menang dengan skor 25-14, 25-19 dan 25-19.

Selanjutnya pada babak delapan besar, Jabar akan berjumpa dengan Bali di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Selasa (17/9) pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, DKI Jakarta akan berhadapan dengan peringkat ketiga dari Pool A yang nantinya akan dihuni kemungkinan besar oleh Sumatera Utara, Senin (16/9) pukul 19.00 WIB.

Pada set pertama, Jabar mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat tembakan Faisal Halim, namun DKI langsung membalas berkat Okky Damar Saputra.

Sempat imbang hingga 11-11, secara perlahan Jabar dapat mengungguli DKI dan skuad Bumi Pasundan sempat unggul cukup jauh pada kedudukan 20-11.

Selanjutnya Jabar dapat memuluskan langkah mereka mengamankan set pertama setelah mampu mengalahkan DKI dengan skor meyakinkan 25-14.

Baca juga: Bola Voli - Tim putra Jatim kandaskan Bali dengan skor 3-0

Memasuki set kedua, Jabar sempat menorehkan keunggulan lewat dua poin yang ditorehkan oleh Cep Indra Agustin serta Farhan Halim, namun DKI dapat memberikan perlawanan ketat.

Perlahan tapi pasti, Jabar dapat mengungguli DKI, akan tetapi skuad asuhan Indra Wahyudi dapat terus mengimbangi anak-anak asuh Samsul Jais.

Setelah sempat mendapatkan perlawanan dari DKI, akhirnya Jabar dapat mengamankan kemenangan pada set kedua lewat keunggulan 25-19.

Permainan alot dan ketat terjadi di set ketiga, di mana kedua tim tak ada yang hsa mendominasi dan skor cenderung berimbang tanpa selisih yang jauh.

Jabar dapat membuat jarak dengan DKI lewat keunggulan lima poin pada kedudukan 16-11 yang satu poin penting mereka dapatkan lewat permainan tak kenal menyerah.

Selanjutnya Jabar dapat memanfaatkan kelengahan dari DKI dan berhasil unggul hingga sembilan angka pada kedudukan 21-13. DKI sempat memberikan perlawanan, namun akhirnya Jabar dapat mengamankan set ketiga dengan skor 25-19.

Baca juga: Bola Voli - Putri Jabar puncaki Pool AB setelah tekuk Jateng 3-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024