Banda Aceh (ANTARA) - Cabang olahraga selam melombakan sebanyak enam nomor laut dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang berlangsung di Pelabuhan CT 1 BKPS, Kota Sabang, Aceh.

Technical Delegate selam laut Sanny Limbunan, Minggu, mengatakan pertandingan selam laut akan berlangsung mulai 16-18 September 2024, ditambah satu hari pada Kamis (19/9) sebagai hari cadangan, apabila terkendala cuaca.

"Pertandingan (16/9) besok dimulai pukul 08.00 WIB untuk nomor 5 point course putra dan M course putri," kata Sanny.

Pada selam laut, total enam nomor yang diperlombakan yaitu orientasi bawah air (OBA) nomor M course putra dan putri, dan 5 point course putra dan putri, serta nomor lomba finswimming 3.000 meter untuk putra dan putri.

Baca juga: Sabang siap pertandingkan tiga cabang olahraga dalam PON 2024

Menurut Sanny, peserta yang ikut dalam selam laut ini berasal dari 27 provinsi di Indonesia. Peserta lomba juga telah melakukan uji coba arena dalam dua hari terakhir untuk penyesuaian diri.

Agenda olahraga empat tahunan ini juga menjadi wadah silaturahmi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dari seluruh penjuru Nusantara.

"Teman-teman selam ini menganggap di nomor laut ini adalah tempat reuni dan persaudaraan. Jadi pasti makin banyak pesertanya," ujarnya.

Secara persiapan, dia menambahkan, pihaknya optimistis akan menyelenggarakan kegiatan sesuai dengan yang telah disusun dalam petunjuk teknis. Kegiatan juga akan menyesuaikan dengan kondisi cuaca, yang mengedepankan keselamatan atlet.

"Kalau cuaca ekstrem maka kami akan tunda, karena ada nyawa manusia, jadi kita jaga atlet kita. Makanya kita juga punya hari cadangan, kita menyesuaikan dengan cuaca," ujarnya.

Baca juga: Sekjen POSSI berharap pembinaan olahraga selam makin merata

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024