Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak empat tim korfball memperebutkan tiket final pada nomor K8 atau delapan lawan delapan dalam lanjutan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara di Lapangan GOR Merah Putih, Kota Sabang, Aceh, pada Senin.

Technical Delegate korfball PON XXI Adelaida Koraag mengatakan keempat tim yang berhasil masuk babak semifinal pada nomor terakhir yang diperlombakan pada PON XXI di antaranya DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Timur dan Jawa Barat.

"Untuk nomor pertandingan korfball 8 hari semifinal sampai final. Empat tim semifinal DKI Jakarta, Jawa Tenga, Kalimantan Timur dan Jawa Barat,” kata Adelaida.

Dalam laga awal semifinal akan mempertemukan DKI Jakarta melawan Jawa Tengah pada pukul 08.00 WIB. Kemudian dilanjutkan Jawa Barat menjamu tim korfball Kalimantan Timur pada pukul 11.00 WIB.

Pertandingan korfball juga dijadwalkan berakhir hari ini. Laga final perebutan emas nomor terakhir tersebut dijadwalkan pada pukul 16.00 WIB, dan dilanjutkan dengan upacara penghormatan pemenang (UPP).

Namun sebelum laga final, terlebih dahulu akan berlangsung laga perebutan peringkat tiga.

“Nomor K8 ini adalah basic dari korfball, delapan lawan delapan yang mixed gender (campuran),” katanya.

Pada PON XXI, ada 10 provinsi yang mengirimkan perwakilan pada korfball, di antaranya Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Barat.

Pertandingan cabang olahraga korfball menerapkan sistem setengah kompetisi, sehingga semua tim bertemu untuk bertanding pada babak penyisihan baik nomor korfball K8, korfball K4 dua korf dan korball K4 satu korf.

Sebelumnya, untuk nomor K4-2 atau empat lawan empat dengan dua tiang, medali emas dikunci oleh tuan rumah Aceh, Jawa Barat raih perak dan DKI Jakarta raih perunggu.

Sedangkan nomor K4-1 atau empat lawan empat dengan satu tiang medali emas diraih medali emas, Jawa Barat medali perak dan tim Yogyakarta medali perunggu.

Baca juga: Korfball - DKI Jakarta raih medali emas PON XXI nomor K4-1
Baca juga: Korfball - Aceh kunci emas perdana PON XXI nomor K4-2 di Sabang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024