Banda Aceh (ANTARA) - Atlet aeromodelling Jawa Barat Muhammad Andri Abirezky Rangkuti berhasil meraih medali emas pada nomor balap tiang kendali radio atau F3R dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 di Lanud Maimun Saleh, Kota Sabang, Aceh.

Sementara pada nomor lomba balap tiang kendali radio INA atau F3R INA, wakil DKI Jakarta Eko Arif Setiawan berhasil meraih medali emas, mengungguli dua wakil Jawa Barat.

Pada nomor F3R wakil DKI Jakarta Ivan Wahyudi harus puas di posisi kedua sehingga menyabet medali perak dan Nagisa Oka Yaskawa asal Jawa Barat di posisi ketiga atau berhak mendapatkan medali perunggu.

Sementara pada nomor lomba F3R INA, dua wakil Jawa Barat harus puas dibawah DKI Jakarta yakni Muhammad Andri Abirezky Rangkuti yang berada posisi kedua, serta Nagisa Oka Yaskawa di posisi ketiga.

Technical Delegate Aeromodelling PON XXI Arya Sidharta di Kota Sabang, Senin, mengatakan ada 12 nomor aeromodelling yang diperlombakan pada PON XXI, yang terbagi dalam tiga kategori, yakni terbang bebas tanpa kendali pilot, kendali dengan tali oleh pilot, dan kendali dengan radio oleh pilot.

Adapun nomor lomba yang sudah dilaksanakan yakni terbang bebas lempar (OHLG) putra dan putri, terbang bebas tarik A2 (F1A) untuk putra dan putri, serta lomba balap beregu kendali tali (F2C), terbang bebas tarik A1 (F1H), tempur udara kendali tali (F2D), balap tiang kendali radio (F3R) dan balap tiang kendali radio INA (F3R INA).

Sedangkan yang akan dilombakan pada beberapa hari ini yaitu nomor terbang layang kendali radio (F3J), balap drone kendali radio (F9U), terbang layang kendali radio 2 kanal (F3J INA).

“Hari ini nomor F9U balap drone kendali radio atau drone racing di Stadion Sabang Merauke,” kata Arya.
​​​​​​
Baca juga: Tuan rumah Aceh kunci emas perdana aeromodelling nomor F1H
Baca juga: Erick rebut emas aeromodelling nomor F2D untuk Jawa Timur

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024