Semarang (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur dipastikan meraih juara umum cabang olahraga gantole setelah memborong empat medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Technical Delegate Cabang Olahraga Gantole PON XXI Arif Eko Wahyudi, di Aceh, Senin, menyebutkan cabang olahraga gantole mempertandingkan delapan nomor.

Enam nomor sudah rampung, dan empat emas di antaranya direbut Jatim, sedangkan Jawa Barat dan Jawa Tengah berbagi masing-masing satu medali emas.

Empat nomor yang dimenangkan Jatim, yakni ketepatan mendarat (KTM) kelas B, lintas alam (XC) perorangan kelas A, XC perorangan kelas B, dan XC beregu kelas A.

Jatim juga meraih dua medali perak, yakni di nomor KTM kelas A dan XC beregu kelas B, serta satu perunggu nomor XC kelas A.

Baca juga: Gantole - Jatim langsung boyong empat medali emas

Jabar sementara berada di posisi kedua klasemen sementara dengan satu emas di nomor KTM kelas A, dua medali perak, dan tiga medali perunggu.

Jateng di urutan ketiga klasemen sementara dengan satu emas di nomor XC beregu kelas B, satu perak, dan satu medali perunggu.

Di urutan berikutnya, DKI Jakarta dengan satu perak di nomor XC beregu kelas A, diikuti Banten dengan satu perunggu nomor KTM kelas A.

Dua nomor pertandingan masih berlangsung, yakni nomor durasi kelas A dan B yang dijadwalkan hingga 18 September mendatang, namun tanggal 19 September 2024 masih bisa dipakai sebagai cadangan jika belum rampung.

Masing-masing provinsi diperbolehkan mengirimkan maksimal dua atlet untuk memperkuat timnya di nomor durasi, tetapi ada pula yang hanya mengirimkan satu atlet.

Jumlah atlet di nomor durasi kelas A sebanyak 14 orang, sedangkan di kelas B sebanyak 27 orang yang akan mengikuti babak kualifikasi hingga final.

Jatim terakhir kali menjadi juara umum cabang olahraga gantole pada PON XVII Kalimantan Timur 2008, sedangkan juara umum PON XXI Papua 2021 adalah Jabar.

Pertandingan cabang olahraga gantole pada PON XXI Aceh-Sumut berlangsung di Bandar Udara Rembele, Takengon, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Cabang olahraga gantole di PON Aceh-Sumut diikuti oleh 43 atlet yang berasal dari 15 provinsi, yakni Aceh, Sumut, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kemudian, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Baca juga: Gantole - Pertandingan nomor durasi resmi dimulai
Baca juga: Gantole - Supardi-Ayyas Yahya sumbang satu emas untuk Jateng

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024