Banda Aceh (ANTARA) - Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA berharap cabang olahraga tarung derajat yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dapat menjadi salah satu cabang beladiri yang dipertandingkan di Olimpiade nantinya.

“Tarung derajat saat ini sudah maju dan sudah dipertandingkan di beberapa gelaran Pekan Olahraga Nasional, tentu kami berharap bisa dipertandingkan di level internasional,” kata Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA saat membuka pertandingan tarung derajat di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Banda Aceh, Senin

“Tarung derajat ini dimulai dari Sang guru AA Boxer dan hingga hari ini terus berkembang menjadi cabang olahraga sehingga terjadi penyesuaian untuk menjaga keselamatan atlet,” kata dia.

Menurut dia dulunya tarung derajat ini merupakan beladiri yang keras dan tanpa batas saat awal diperkenalkan di Indonesia.

“Kalau kita lihat sekarang lebih dari Mix Martial Arts (MMA) dan setelah jadi cabang olahraga ada penyesuaian,” kata dia.

Baca juga: Tarung derajat mulai babak penyisihan pada Senin

Selain itu, tarung derajat juga memperkaya diri atlet dengan pembangunan mental dan moral untuk selalu menjaga kesantunan yang menjadi ciri khas Indonesia.

“Petarung diminta merunduk tapi bukan takluk, ini merupakan budaya santun yang dimiliki bangsa ini,” kata dia.

Selain itu mereka yang memiliki kemampuan tinggi harus menyimpan kepandaian tersebut dan dikeluarkan pada waktu yang tepat.

“Ilmu yang ada cukup disimpan dan dikeluarkan di waktunya saja. Kita berharap tarung derajat terus maju dan berkembang menjadi olahraga beladiri yang bisa mendunia,” kata dia.

Cabang olahraga tarung derajat terdiri 21 nomor pertandingan yang dipertandingkan yang terdiri dari nomor tarung bebas sebanyak 14 nomor yakni putra yakni kelas 49,1-52 kg putra, 52,1-55 kg putra, 55,1-58 kg putra, 58,1-61 kg putra, 61,1-64 kg putra. Kemudian kelas 64,1-67 kg putra, 67,1-70 kg putra, 70,1-75 kg putra dan 75,1-80 kg putra.



Selanjutnya tarung bebas putri mulai dari kelas 45,1-50 kg putri, 50,1-54 kg putri, 54,1- 58 kg putri, 58,1- 62 kg putri, dan kelas 62,1-66 kg putri. Setelah itu untuk nomor pertandingan seni pria ada ranger tunggal, getar berpasangan, dan garang beregu. Untuk di kelas putri juga dipertandingkan nomor seni ranger tunggal, getar berpasangan, dan ranger beregu. Selain itu, satu medali emas diperebutkan juga di nomor campuran pertandingan getar beregu.

Baca juga: Tarung derajat - Aceh targetkan medali lebih banyak dari PON Papua

 

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024