Medan (ANTARA) - Mereka yang peduli dengan warisan dan jejak sejarah bangsa, niscaya terusik saat mendapati tempat-tempat bersejarah yang menjadi jejak bangsanya tidak seindah dulu.

Salah satu tempat bersejarah yang perlu dirawat lebih baik lagi sehingga bisa seindah dulu adalah Istana Maimun di Medan, Sumatera Utara.

Keindahan dan keasrian situs bersejarah ini terus berkurang, jika dibandingkan dengan keadaannya di masa silam.

Foto yang diambil dari menara Masjid Raya Al-Mahsun pada 1931 menjelaskan kontras itu.

Pada foto 91 tahun silam itu, Istana Maimun terlihat anggun nan agung dengan latar depan jalan setengah lingkaran yang di tengahnya membentuk bundaran yang dikitari pepohonan.

Desain eksteriornya bak Istana Versailles di Prancis atau Taj Mahal di India, yang sejak lama sudah menjadi properti nasional Prancis dan India.

Status properti nasional itu memudahkan pemerintah kedua negara merawatnya dengan sebaik-baiknya.

Kedua negara itu merawatnya baik-baik karena situs-situs bersejarah itu adalah warisan bangsa yang memberi petunjuk tentang masa lalu bangsa itu dan bagaimana masyarakatnya berevolusi sampai dalam bentuknya saat ini.

Dengan kata lain, tempat-tempat itu adalah tentang identitas nasional yang membentuk sebuah bangsa dan negara.

Karena terus dirawat, kedua bangunan itu abadi indah, yang membuatnya terus dikunjungi masyarakat, sehingga identitas bersama itu pun tak terlupakan dari generasi ke generasi.

Istana Maimun pun seharusnya begitu. Memang tetap dikunjungi masyarakat, tapi daya tariknya bisa semakin menurun jika tak dirawat sebaik Prancis dan India merawat Istana Versailles dan Taj Mahal.

Sabtu pekan lalu ANTARA mengunjungi istana itu. Tak bisa dipungkiri lagi tempat ini sungguh eksotis, tapi hal-hal memprihatinkan terungkap ketika semakin dekat mengenali istana itu.

Bukan saja dari eksterior, tetapi juga dari interior. Jelas terlihat situs bersejarah yang turut menjadi jejak bangsa Indonesia ini membutuhkan perawatan lebih.

Rumput depan Istana yang di masa jayanya tertata rapi sehingga mempesona semua orang, kini tak terawat dengan baik.

Baca juga: Istana Maimun tempat favorit warga Medan untuk ngabuburit

Halaman berikut: Identitas dan akar bersama

Copyright © ANTARA 2024