Banda Aceh (ANTARA) - Tim DKI Jakarta menutup pertandingan cabang olahraga korfball Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 dengan meraih emas pada nomor K8 atau delapan lawan delapan usai menekuk Jawa Barat 16-10 di GOR Merah Putih, Kota Sabang, Aceh, Senin.

“Itu hasil semangat anak-anak yang mau berjuang sampai peluit akhir. Jadi semangat tinggi, defense, offense (mereka, red) tetap fokus. Team work juga, chemistry mereka dapat,” kata pelatih korfball DKI Jakarta Irma Amelya.

Tim DKI Jakarta sempat tertinggal di awal laga final tersebut. Beberapa kali pertahanan mereka rapuh, sehingga Jawa Barat berhasil mencuri poin pada awal kuarter pertama untuk unggul 3-1.

Anak asuh Irma tak tinggal diam. Mereka tetap fokus, menjaga pertahanan dan menyerang lebih dominan untuk mengejar ketertinggalan, hingga akhirnya mampu menyamakan kedudukan.

Menjelang berakhirnya kuarter pertama, pemain DKI Jakarta Adelia mampu mencetak satu poin sehingga mengubah kedudukan menjadi 4-3. Skor sementara tersebut bertahan hingga turun minum.

Memasuki kuarter kedua, DKI Jakarta terus memperbesar ketertinggalan atas Jawa Barat. Selain menciptakan banyak poin, mereka juga sukses menjaga sektor pertahanan hingga laga berakhir dengan kedudukan 16-10.

“Saat tertinggal (poin, red) kita tetap mempertahankan fokus, mengejar poin pelan-pelan, sampai akhirnya bisa diatasi anak-anak, dan defense juga bagus,” ujarnya.

Baca juga: Korfball - Empat tim berebut tiket final nomor lomba terakhir

Emas nomor K8 merupakan emas kedua bagi DKI Jakarta dari korfball. Sebelumnya, mereka mampu meraih emas pada nomor K4-1 usai menekuk Jawa Barat dengan skor 9-2 pada Jumat (13/9) sore.

“Senang bisa mendapat dua medali emas. Terima kasih kepada Allah, akhirnya kita dapat, proses latihan juga panjang, jadi alhamdulillah memuaskan buat saya dan juga buat tim,” ujarnya.

Pada PON XXI, ada 10 provinsi yang mengirimkan perwakilan pada korfball, di antaranya Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Aceh, Bali, DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Barat.

Pertandingan cabang olahraga korfball menerapkan sistem setengah kompetisi, sehingga semua tim bertemu untuk bertanding pada babak penyisihan baik nomor korfball K8, korfball K4 dua korf, dan korball K4 satu korf.

Untuk nomor K4-2 atau empat lawan empat dengan dua tiang, medali emas dikunci oleh tuan rumah Aceh, Jawa Barat meraih perak, dan DKI Jakarta meraih perunggu.

Sedangkan nomor K4-1 atau empat lawan empat dengan satu tiang medali emas diraih DKI Jakarta, Jawa Barat medali perak, dan tim Yogyakarta medali perunggu.

Sementara medali emas nomor K8 kembali dikunci DKI Jakarta, dan medali perak diraih wakil Jawa Barat serta perunggu berhasil dibawa pulang Jawa Tengah.

Baca juga: Korfball - DKI Jakarta raih medali emas PON XXI nomor K4-1
Baca juga: Korfball - Aceh kunci emas perdana PON XXI nomor K4-2 di Sabang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024