Medan (ANTARA) - Provinsi DKI Jakarta memiliki peluang untuk kembali mempertahankan emas di sektor ganda putri karena mengirimkan dua wakilnya di semifinal cabang tenis meja Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang digelar di GOR Angsapura, Medan, Selasa.

Seluruh atlet tenis meja putri DKI Jakarta berhasil lolos ke zona podium di babak semi final, yaitu Desi Ramadanti yang berpasangan dengan Anastasya Fabian, serta Rina Sintya dan Mira Fitria yang keduanya tidak saling bertemu di babak semifinal.

Desi-Tasya akan berhadapan dengan wakil Bali Devi Yanti Nurrahman dan Ni Ketut Devinta Maharani yang juga mencapai target zona podium untuk ganda putri. Sementara Rina-Mira akan melawan tuan rumah Sumatera Utara Amanda Nurkhoir dan Nida Aulia Mughni.

Skenario ini memungkinkan dua wakil DKI Jakarta akan saling bertemu di babak final dan memastikan emas, seperti yang mereka lakukan pada PON XIX Jawa Barat 2016 silam.

Baca juga: Hasil tenis meja, Bali-DKI kirim dua wakil di ganda putra-putri

Sedangkan pada sektor putra, Bali kembali mengirimkan perwakilan di babak semifinal lewat Komang Sugita yang dua hari lalu sudah meraih emas ganda campuran, berpasangan dengan I Putu Tedja Lajuardi.

Bali mencapai seluruh target mereka di PON XXI cabang tenis meja ini, yaitu menargetkan seluruh nomor pasangan ganda mencapai zona podium atau babak semifinal.

Komang-Tedja akan berhadapan dengan pasangan Jawa Barat yang diwakili Gibran Berliangga dan Rahmat Taufik. Sedangkan Jawa Timur yang selalu gagal meraih emas di tiga laga final pada nomor beregu putra-putri dan ganda campuran, berharap meraih emas dari pasangan Fikcy Supit Santoso dan Affan Mauludana Pratama.

Ficky-Affan tidak pernah menderita kekalahan pada tiga laga sebelumnya akan berhadapan dengan pasangan Kalimantan Timur Abdul Hair dan Noor Fahri.

Pada kompetisi cabang tenis meja, DKI Jakarta telah mengamankan emas dari sektor beregu putri dan satu perunggu dari beregu putra, Lampung membuat sejarah emas pertama dari beregu putra, disusul oleh Bali yang juga mencetak sejarah dengan meraih medali emas pertama kali di sektor ganda campuran.

Jawa Timur meraih tiga perak dan satu perunggu. Jawa Barat selalu tertahan di semifinal dan mendapat tiga perunggu. Dan satu perunggu terakhir didapat oleh Sulawesi Tengah di sektor beregu putri.

Baca juga: Tenis Meja - Christine-Cindy pasangan ganda putri ibu-anak di PON XXI

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024