Aceh Timur (ANTARA) - Sulawesi Tengah (Sulteng) memastikan lolos ke semifinal menghadapi Gorontalo pada nomor regu putra cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Sulawesi Tengah melaju ke semifinal setelah mengalahkan Kalimantan Utara pada perempat final yang berlangsung di Gedung Idi Sport Center, Idi ibu kota, Kabupaten Aceh Timur, Selasa.

Sedangkan Gorontalo lolos ke semifinal karena mendapatkan bye di perempat final, sehingga melaju ke babak empat besar tanpa bertanding. Gorontalo lolos ke fase gugur tersebut setelah menjuarai Grup C.

Baca juga: Sepak takraw - Riau dan Jateng kunci tiket nomor regu putra

Bertanding di Lapangan III pada perempat final nomor regu putra, Sulawesi Tengah mampu meladeni permainan ketat anak-anak Kalimantan Utara di set pertama

Kedua regu saling kejar mengejar poin hingga 14-14. Anak-anak Sulawesi Tengah akhirnya mampu memenangkan pertandingan set pertama dengan poin 17-14.

Begitu juga set kedua, permainan kedua regu berlangsung imbang. Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara sempat berbagi poin 8-8. Namun, selepas imbang tersebut Sulawesi Tengah terus mendapatkan poin hingga memenangkan pertandingan 15-9.

Pada pertandingan tersebut, wasit memberikan kartu merah kepada pemain Kalimantan Utara karena dianggap melakukan proses keras.

Sementara itu, pertandingan perempat final lainnya, Jawa Tengah berhasil mengalahkan Kepulauan Riau dengan skor 2-0 (15-9 dan 15-8). Dengan kemenangan tersebut, Jawa Tengah memastikan melaju ke semifinal nomor regi putra.

Baca juga: Sepak takraw - Kepri lolos ke perempat final nomor regu putra

Di semifinal, Jawa Tengah berhadapan dengan Riau. Riau melaju ke semifinal setelah di perempat final mendapatkan bye. Riau lolos ke babak gugur tersebut setelah menjadi juara Grup A.

Sementara itu, pertandingan perempat final Jawa Tengah berhadapan Kepri berlangsung imbang. Anak Kepri mampu bersaing dalam pengumpulan poin hingga pertengahan set pertama.

Namun di akhir set, para pemain Jawa Tengah terus melaju dalam pengumpulan poin hingga menutup pertandingan 15-9. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Jawa Tengah.

Di set kedua, Jawa Tengah mampu mempertahankan ritme pemainan. Jawa Tengah unggul 7-3 di awal set kedua. Keunggulan poin tersebut terus berlanjut hingga Jateng menutup set kedua dengan kemenangan 15-8.

Pertandingan semifinal nomor regu putra cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut 2024 dijadwalkan berlangsung Rabu (18/9).


 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024