Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan telah memberikan izin cuti secara resmi kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) agar dapat mengikuti Pemilu Presiden 2014.

"Saya secara resmi pula telah memberikan izin kepada Jokowi untuk capres. Besok saya keluarkan izin resmi tertulis insyallah. Sejak izin keluar, status nonaktif gubernur Jakarta hingga saatnya nanti KPU (Komisi Pemilihan Umum) tentukan presiden dan wapres terpilih," kata Presiden kepada wartawan di luar Kantor Presiden, Jakarta, Selasa.

Yudhoyono mengemukakan hal itu setelah menerima Gubernur DKI Jokowi di kantornya.

Jokowi diterima Presiden sekitar pukul 13.00 WIB dan pertemuan berlangsung sekitar 15 menit.

Dalam kesempatan konferensi pers seusai bertemu Presiden, Jokowi mengatakan dirinya telah mendapatkan izin cuti. guna mengikuti Pemilu Presiden 2014.

"Bapak Presiden menyampaikan bahwa izin akan diberikan besok. Cepat sekali beliau memberikan izin," kata Jokowi.

Ia mengatakan, izin dapat saja mulai berlaku besok pagi atau setelahnya.

"Izinnya sampai selesai," katanya ketika menjawab pertanyaan berapa lama izin akan diambil.

Ia menambahkan, selama dirinya cuti, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menggantikan posisi dirinya. "Otomatis," katanya.

Jokowi yang juga calon presiden dari PDIP mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpesan kepadanya untuk menjaga etika dan sopan santun dalam kampanye politik pada Pemilu Presiden 2014.

"Banyak sekali berpesan mengenai kesantuan dalam berkampanye, menjaga etika dalam berkampanye dan berpolitik," kata Jokowi.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014