Banda Aceh (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman menegaskan pihaknya bersama PB PON XXI Aceh-Sumut wilayah Aceh terus mengupayakan semua pertandingan dapat diselesaikan tepat waktu di tengah cuaca ekstrem yang melanda Aceh.

"Sekarang ini tinggal beberapa hari ini, kita harap pertandingan selesai pada 19 September. Karena itu kita optimalkan sebisa mungkin," kata Marciano Norman di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Marciano Norman sebagai respon atas peristiwa robohnya arena lapangan tembak dan terkendalanya pelaksanaan pertandingan sejumlah cabang olahraga akibat cuaca ekstrem, hujan dan angin, sejak beberapa hari terakhir.

Dirinya mengatakan peristiwa akibat cuaca buruk hingga mengakibatkan kerusakan arena tersebut di luar keinginan semua pihak. Meski demikian, Kementerian PUPR selaku penanggung jawab terus bekerja keras melakukan perbaikan.

"Kementerian PUPR selaku penanggung jawab venue melakukan langkah cepat agar rangkaian pertandingan kembali bisa dilaksanakan," ujarnya.

Dirinya menuturkan, kondisi cuaca ekstrem sangat memengaruhi pelaksanaan perlombaan di beberapa cabang olahraga, terutama pertandingan yang digelar outdoor.

"Kita berharap cuaca kembali sesuai yang kita harapkan, sehingga yang memenuhi syarat pertandingan itu bisa dilanjutkan," katanya.

Baca juga: KONI pastikan pertandingan menembak PON XXI tuntas digelar

Dirinya menambahkan, jika cuaca terus memburuk dan beberapa cabang tidak bisa dipertandingkan karena kondisi tak terduga tersebut, maka KONI bersama PB PON XXI Aceh, pimpinan cabang olahraga, dan technical delegate akan memikirkan langkah alternatif. 

"KONI akan minta arahan dari Kemenpora bekerja sama dengan PB PON agar agenda semua pertandingan bisa kita selesaikan dengan berbagai cara. Semoga cuaca kembali normal, sehingga semua pertandingan bisa kita selesaikan," demikian Marciano Norman.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh memprediksikan bahwa Banda Aceh dan Aceh Besar dilanda hujan selama sepekan ke depan mulai dini hari hingga pagi hari.

Baca juga: Sekjen KONI harap seluruh atlet Indonesia miliki nilai luhur olahraga
Baca juga: KONI: Arena bola tangan PON di Aceh berstandar internasional


Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024