Hanoi (ANTARA News) - Lebih dari 8.000 kasus demam berdarah dengue terjadi di Vietnam sepanjang tahun ini dengan empat orang tercatat meninggal dunia, demikian data statistik dari Kementerian Kesehatan Vietnam, Rabu (14/5).

Kementerian Kesehatan menyebutkan kasus penularan demam berdarah dengue pada empat bulan pertama 2014 turun 38 persen dibandingkan dengan masa yang sama pada 2013.

Menurut kementerian, 41 dari 63 warga setempat di negeri itu telah dideteksi tertular demam berdarah dengue, demikian laporan Xinhua.

Tran Thanh Duong, Kepala Lembaga Entomologi, Parasitologi dan Malariologi Nasional di bawah Kementerian Kesehatan mengatakan dalam satu pertemuan di Ibu Kota Vietnam, Hanoi, Rabu, negeri tersebut mencatat sebanyak 50.000 kasus demam berdarah dengue setiap tahun, dan 40 pasien meninggal.

Empat jenis virus (D-D4) yang menyebabkan demam berdarah dengue terdeteksi di Vietnam; satu orang terinfeksi demam berdarah dengue berulangkali dalam satu peristiwa, demikian peringatan kementerian tersebut.

Pejabat di Kementerian Kesehatan Vietnam menyarankan warga meningkatkan kewaspadaan guna menghindari penyakit itu karena belum ada vaksin untuk demam berdarah dengue.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2014