Medan (ANTARA) - Pecatur D.I Yogyakarta Shafira Devi Herfesa memastikan meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 setelah mengumpulkan 6,5 poin atau unggul 2 poin dari lawan terdekatnya yang hanya menyisakan satu pertandingan lagi di nomor perseorangan standar putri.

Shafira Devi Herfesa memastikan medali emas tersebut setelah menyapu enam kemenangan dan satu kali imbang yang mengungguli pecatur nasional Irene K Sukandar yang mengumpulkan 4,5 poin.

Pecatur yang meraih medali emas di Kejuaraan Junior ASEAN itu tampil maksimal setelah meraih tiga kemenangan secara berturut di awal pertandingan nomor perseorangan standar putri.

Di tiga awal pertandingan Shafira Devi Herfesa berhasil membungkam Baiq Vina Lestari, Klarisa Sabila, Tri Utami.

Ketangguhan Shafira Devi Herfesa kembali berlanjut setelah berhasil mengalahkan Tuti Rahayu Sinuhaji di babak ke empat dan ditahan imbang saat berhadapan Chelsie Monica Sihite.

Pada pertandingan ke enam. Shafira kembali menunjukkan kelasnya dengan menumbangkan pecatur nasional Irene K Sukandar dan Ummi Fisabillah di babak ketujuh.

Pecatur berusia 16 tahun tersebut masih menyisakan satu laga terakhir di nomor perseorangan putri yang akan berhadapan dengan Ivana Lasama di babak delapan.

Meski menyisakan satu laga lagi. Shafira sudah memastikan medali emas di ajang olahraga nasional tersebut dengan mengumpulkan 6,5 poin atau unggul 2 poin dari pesaing di bawahnya yang tidak dapat mengejar poin tersebut.

Sementara, Irene K Sukandar dan Ivana Lasama masih memperebutkan medali perak yang masing masing mengumpulkan 4,5 poin dari enam pertandingan.

Baca juga: Novendra genggam emas kedua, Jakarta segel juara umum catur PON 2024

 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024